Masjid Al-Barkah

Fiqih Pendidikan Anak

Menyusui Anak

By  |  pukul 2:46 pm

Terakhir diperbaharui: Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 2:34 pm

Tautan: https://rodja.id/3h6

Menyusui Anak ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Pendidikan Anak yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 6 Dzulqa’dah 1443 H / 6 Juni 2022 M.

Kajian Tentang Menyusui Anak

Ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan alam semesta, Allah ‘Azza wa Jalla juga menciptakan makhluk-makhluk hidup di dalamnya. Salah satunya adalah manusia.

Ketika Allah Subhanahu wa Ta’ala saat menciptakan manusia di alam semesta ini bukan hanya menyiapkan tempat tinggalnya saja, tapi termasuk juga apa yang dibutuhkan oleh manusia untuk menjamin keberlangsungan hidupnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala menyediakan bahan makanan untuk manusia di muka bumi ini sangatlah banyak. Baik itu dari tumbuhan ataupun hewan.

Allah Subhanahu wa Ta’ala bukan hanya memperhatikan kebutuhan makanan ketika kita sudah terlahir ke muka bumi. Bahkan ketika kita masih di dalam perut ibu, Allah sudah memperhatikan makanan kita. Inilah keajaiban yang Allah buat di dalam tubuh manusia. Walaupun bayi yang ada di dalam perut ibunya itu belum punya gigi, tapi dia bisa makan sehingga dia hidup.

Begitu bayi itu lahir, maka makanan yang biasanya dia dapatkan lewat plasentanya secara otomatis akan berhenti. Karena ari-arinya diputus. Sehingga ketika sudah tidak bisa memasukkan makanan lewat ari-ari, orang tua punya kewajiban untuk memenuhi makanan bayinya melalui jalur mulut.

Baca Juga:
Al-Qur'an Sebagai Cermin Bagi Orang Beriman dan Hadits Mahkota Untuk Orang Tua Di Surga

Ajaibnya, bayi yang selama ini biasa makan melalui plasenta begitu lahir ketemu dengan payudara tiba-tiba bisa menyedotnya. Itulah petunjuk yang Allah berikan kepada bayi tersebut.

Kewajiban ibu untuk menyusui anaknya disebutkan di dalam Al-Baqarah ayat 233. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

 وَالْوَالِدَاتُ يُرْضِعْنَ أَوْلَادَهُنَّ حَوْلَيْنِ كَامِلَيْنِ ۖ لِمَنْ أَرَادَ أَنْ يُتِمَّ الرَّضَاعَةَ ۚ…

“Para ibu hendaklah menyusui anak-anaknya selama 2 tahun penuh bagi yang ingin menyempurnakan penyusuannya.” (QS. Al-Baqarah[2]: 233)

Bagaimana pembahasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Menyusui Anak” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.