Masjid Al-Barkah

Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha'ifah Al-Manshurah

Mukaddimah Kajian Kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah

By  |  pukul 3:19 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 28 Juli 2022 pukul 1:25 pm

Tautan: https://rodja.id/3ip

Mukaddimah Kajian Kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abdullah TaslimM.A. pada Sabtu, 23 Dzulhijjah 1443 H / 23 Juli 2022 M.

Mukaddimah Kajian Kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah

Kita akan mulai membahas Kitab منهاج الفرقة الناجية والطائفة المنصورة (jalan golongan yang selamat dan kelompok yang selalu mendapatkan pertolongan dari Allah Subhanahu wa Ta’ala). Ini adalah buah karya Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu Rahimahullahu Ta’ala.

Kenapa kita perlu mengkaji kitab-kitab yang kandungannya adalah pembahasan tentang metode Ahlus Sunnah wal Jama’ah dalam beragama? Jawabannya adalah karena kita ingin selamat dengan memahami petunjuk Allah dan RasulNya.

Menit ke-46:00 Isi kitab ini adalah pembahasan-pembahasan yang penting dan bermancam-macam, untuk mengajak kaum muslimin kepada aqidah tauhid yang murni serta menjauhkan diri dari perbuatan syirik yang fenomena ini telah tersebar di mayoritas negeri-negeri kaum muslimin. Padahal perbuatan syirik ini adalah sebab binasanya umat-umat yang terdahulu. Sekaligus ini merupakan sebab keburukan yang menimpa dunia saat ini. Terutama negeri-ngeri kaum muslimin dengan berbagai macam hal yang menimpa mereka, baik itu musibah, penderitaan-penderitaan, peperangan, fitnah dan berbagai macam hal yang lainnya.

Baca Juga:
Hadits Arbain ke 16 - Hadits Larangan Marah

Kita sudah tahu bahwa kalau seorang berpaling dari petunjuk Allah Subhanahu wa Ta’ala, maka pasti keburukan-keburukan akan menimpa dirinya karena dia tidak dijaga oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

احْفَظِ اللهَ يَحْفَظْكَ

“Jagalah Allah maka Allah akan menjagamu.”

Lihat juga: Hadits Arbain ke 19 – Jagalah Allah Niscaya Allah Menjagamu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن تَنصُرُوا اللَّهَ يَنصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong Allah (yakni memahami dan mengamalkan agamaNya dengan benar), maka Allah akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad[47]: 7)

Ini yang akan menyelamatkan kaum muslimin dari berbagai macam musibah, penderitaan, dan fitnah yang menimpa mereka saat ini. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

لَا يَنْزِعُهُ حَتَّى تَرْجِعُوا إِلَى دِينِكُمْ

“Allah tidak akan menghilangkan kehinaan/keburukan yang menimpa umat ini sampai kalian mau kembali kepada agama.” (HR. Abu Dawud)

Makanya ajakan kembali kepada tauhid, kepada Manhaj Ahlus Sunnah wal Jamaah, demi Allah inilah yang merupakan jaminan -dengan izin Allah Subhanahu wa Ta’ala- untuk memperbaiki keadaan umat, mengembalikan kejayaan umat, dan menghilangkan musibah serta berbagai macam penderitaan yang dialami oleh umat ini.

Pembahasan-pembahasan dan tema-tema di dalam kitab ini juga menjelaskan metode beragama dan aqidah golongan yang selamat dan golongan yang selalu mendapatkan pertolongan dari Allah, yang disebutkan di dalam hadits Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Supaya pembahasan-pembahasan ini menerangi jalan orang-orang yang ingin mengamalkannya.

Baca Juga:
Syafaat Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam Pada Hari Kiamat

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Mukaddimah Kajian Kitab Minhaj Al-Firqah an-Najiyah wa ath-Tha’ifah Al-Manshurah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.