Masjid Al-Barkah

Menguak Misteri Kesyirikan

Syirik Asghar Dalam Ucapan

By  |  pukul 3:04 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 22 Agustus 2022 pukul 10:07 am

Tautan: https://rodja.id/3jh

Syirik Asghar Dalam Ucapan adalah ceramah agama dan kajian Islam ilmiah yang  disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc. langsung dari Masjid Al-Barkah, Cileungsi. Pada Sabtu, 15 Muharram 1444 H / 13 Agustus 2022 M.

Lihat kumpulan mp3 kajian menguak misteri kesyirikan.

Kajian Tentang Syirik Asghar Dalam Ucapan

Di antara syirik asghar yang berkaitan dengan ibadah-ibadah ucapan adalah:

  • الحلف بغير الله (bersumpah dengan nama selain Allah),
  • التشريك بين الله تعالى وبين أحد من خلقه (بالواو ) (Mensejajarkan Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan seorang dari makhluknya dengan kata “dan”)
  • meminta hujan dengan nau’ (semacam bintang).

Bersumpah dengan Nama Selain Allah

Menit ke-8:30 Imam An-Nawawi Rahimahullah menyebutkan bahwa sumpah adalah menekankan sesuatu yang ia ucapkan dengan menyebut nama atau sifat Allah Subhanahu wa Ta’ala yang diawali dengan huruf-huruf sumpah seperti والله, atau بالله, atau تالله.

Kebiasaan orang Arab jahiliyyah adalah bersumpah dengan nama-nama orang tua dan nenek moyang mereka. Juga dengan apa saja yang mereka agungkan dari berhala-berhala yang mereka ibadahi dimasa jahiliyah. Berarti apabila seseorang bersumpah maka sebenarnya dia sedang mengagungkan apa yang dia sebutkan dalam sumpahnya. Ketika dia mengucapkan wallahi atau billahi atau tallahi, maka sebenarnya dia sedang mengagungkan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Baca Juga:
Indahnya Islam

Oleh sebab itulah Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan di dalam Al-Qur’an  untuk bersumpah dengan nama Allah. Allah berfirman:

…فَيُقْسِمَانِ بِاللَّهِ …

“Maka mereka berdua bersumpah dengan nama Allah Subhanahu wa Ta’ala” (QS. Al-Ma’idah[5]: 106)

Diharamkan untuk bersumpah dengan nama selain Allah karena hakikat dari pengagungan hanya khusus milik Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu apabila ada orang bersumpah dengan nama selain Allah, berarti dia menyamakan selain Allah dengan Allah dalam perkara pengagungan. Sehingga tidak boleh seseorang bersumpah dengan nama selain Allah, baik itu Nabi atau wali atau itu ka’bah dan semisalnya.

Maka siapa yang bersumpah dengan nama selain Allah, dia terperosok ke dalam dosa dari dosa besar dan dia melakukan perbuatan syirik.

Mensejajarkan Allah dengan salah seorang dari makhlukNya dengan ucapan “dan”

Menit ke-30:49 Ini termasuk daripada syirik asghar jika hanya dalam ucapan. Tapi apabila di dalam hati/keyakinan maka syirik akbar.

Dari Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘Anhuma, beliau bercerita: “Ada seorang lelaki berkata kepada Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam: ‘Demi Allah dan demi engkau.’ Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam langsung mengatakan: ‘Apakah engkau ingin menjadikan aku sekutu bagi Allah? Tidak, tetapi semuanya sekehendak Allah semata.'” (HR. Ahmad dan An-Nasa’i)

Ini semua dilakukan oleh Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk memutuskan setiap sarana yang menghantarkan kepada kesyirikan. Meskipun jauh sarana tersebut bisa menghantarkan kepada kesyirikan, maka tetap terlarang.

Baca Juga:
Prasangka Buruk kepada Allah merupakan Penyebab Kesyirikan - Kitab Tajridut Tauhid Al-Mufid (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Simak dan Download mp3 Kajian Tentang Syirik Asghar Dalam Ucapan

Mari turut membagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama ini melalui jejaring sosial Facebook, Twitter dan yang lainnya agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.