Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur

By  |  pukul 9:47 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 25 Agustus 2022 pukul 3:04 pm

Tautan: https://rodja.id/3jo

Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 24 Muharram 1444 H / 22 Agustus 2022 M.

Lihat sebelumnya: Membaca Surah Al-Falaq Sebelum Tidur

Kajian Tentang Membaca Surah An-Nas Sebelum Tidur

Membaca surah An-Nas sebanyak tiga kali. Nomor urut surah ini dalam mushaf Al-Qur’an adalah nomor 114. Terletak di juz 30. Jumlah ayatnya sebanyak 6 ayat.

Dalil Landasan

Aisyah Radhiyallahu ‘Anha menuturkan,

“أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا أَوَى إِلَى فِرَاشِهِ كُلَّ لَيْلَةٍ جَمَعَ كَفَّيْهِ ثُمَّ نَفَثَ فِيهِمَا فَقَرَأَ فِيهِمَا “قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ” وَ “قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ” ثُمَّ يَمْسَحُ بِهِمَا مَا اسْتَطَاعَ مِنْ جَسَدِهِ، يَبْدَأُ بِهِمَا عَلَى رَأْسِهِ وَوَجْهِهِ وَمَا أَقْبَلَ مِنْ جَسَدِهِ يَفْعَلُ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ”.

Setiap malam jika Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam saat akan tidur, beliau menggabungkan kedua telapak tangannya. Kemudian meniupkan nafas dari mulutnya dengan sedikit air ludah. Lalu membaca, “Qul huwallahu ahad” (Surah Al-Ikhlas), “Qul a’ûdzubirabbil falaq” (Surah Al-Falaq) dan “Qul a’udzubirabbin nas” (Surah An-Nas). Kemudian mengusapkan kedua tangannya semampunya (yang bisa dijangkau) ke seluruh bagian tubuh. Dimulai dari kepala, wajah dan bagian depan tubuhnya. Beliau melakukan hal itu tiga kali.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:
Tanda Kiamat Munculnya Imam Mahdi

Inilah salah satu surah yang dianjurkan untuk dibaca sebelum tidur. Dan dengan berakhirnya surah-surah ini, maka berakhir pula bacaan-bacaan yang dianjurkan untuk dibaca dari surah-surah Al-Qur’an sebelum tidur.

Kandungan surah An-Nas ini sangat luar biasa. Sehingga sering disebut dengan istilah al-mu’awwidzataini (dua bacaan perlindungan). Karena memang surah ini kalau dibaca akan melindungi orang yang membacanya.

Kalau kita perhatikan ayatnya:

قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ ‎﴿١﴾‏ مَلِكِ النَّاسِ ‎﴿٢﴾‏ إِلَٰهِ النَّاسِ ‎﴿٣﴾

“Katakanlah: ‘Aku memohon perlindungan kepada Rabb manusia, Raja manusia, Sesembahan manusia'” (QS. An-Nas[114]: 1-3)

Kita mengawali permintaan kepada Allah dengan menyebutkan tiga nama Allah ‘Azza wa Jalla. Sengaja disebutkan tiga nama sekaligus untuk menggambarkan kepada kita bahwa kejahatan yang akan disebutkan sesudah ini adalah kejahatan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Karena kita meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dengan menyebutkan tiga namaNya sekaligus.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Doa Sapu Jagat

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.