Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Rasa Takut Kepada Allah

By  |  pukul 9:29 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 02 September 2022 pukul 9:19 am

Tautan: https://rodja.id/3jx

Rasa Takut Kepada Allah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 1 Safar 1444 H / 29 Agustus 2022 M.

Kajian sebelumnya: Ketakwaan Sebab Mendapatkan Kebahagiaan

Rasa Takut Kepada Allah

Rasa takut kepada Allah bisa mencegah orang dari semua keburukan dan bisa mendorong orang kepada semua kebaikan. Ini diambil dari kisah dua putra Adam. Yakni dari perbuatannya Habil yang tidak mau membalas kelakuan Qabil yang hendak membunuhnya.

Allah berfirman tentang perkataan Qabil:

…قَالَ لَأَقْتُلَنَّكَ…

“Aku akan membunuhmu.” (QS. Al-Ma’idah[5]: )

Kemudian Habil berkata:

لَئِن بَسَطتَ إِلَيَّ يَدَكَ لِتَقْتُلَنِي مَا أَنَا بِبَاسِطٍ يَدِيَ إِلَيْكَ لِأَقْتُلَكَ ۖ إِنِّي أَخَافُ اللَّهَ رَبَّ الْعَالَمِينَ ‎﴿٢٨﴾‏ إِنِّي أُرِيدُ أَن تَبُوءَ بِإِثْمِي وَإِثْمِكَ فَتَكُونَ مِنْ أَصْحَابِ النَّارِ ۚ وَذَٰلِكَ جَزَاءُ الظَّالِمِينَ ‎﴿٢٩﴾‏

“Seandainya kau gerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku tidak akan pernah menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah Rabb Alam Semesta.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 28)

Habil tidak mau membalas perbuatan Qabil karena rasa takutnya kepada Allah. Orang yang takut kepada Allah tidak mungkin berbuat semena-mena. Dia tahu kalau Allah Subhanahu wa Ta’ala tidak menyukai perbuatan dzalim dan pasti akan membalas. Habil ingin surga dan dia tahu bahwa Allah Subhanahu wa Ta’ala ridha kepada orang yang baik. Oleh karena itu dia berkata:

“Aku ingin engkau kembali dengan membawa dosa dengan membunuhku, selain itu kau juga bahwa dosa-dosamu, niscaya engkau termasuk penduduk api neraka, demikianlah balasan orang-orang yang berbuat dzalim.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 29)

Rasa takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala menghalangi orang dari semua keburukan dan mendorong untuk berbuat semua kebaikan.

Demikian pula takut kepada Allah menghalangi seseorang dari berbuat zina. Kita lihat contohnya Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam ketika digoda oleh wanita bangsawan yang cantik, banyak pengawalnya, pintu-pintunya telah ditutup, Nabi Yusuf ‘Alaihis Salam masih muda dan jauh dari kampungnya. Tentu ini semua menjadikannya sangat mudah untuk berbuat maksiat. Tapi karena takut kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dia tidak melakukannya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.