Masjid Al-Barkah

Fiqih Do'a dan Dzikir

Memohon Perlindungan dan Dilunaskan Hutang Sebelum Tidur

By  |  pukul 3:39 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 12 Oktober 2022 pukul 8:55 am

Tautan: https://rodja.id/3l4

Memohon Perlindungan dan Dilunaskan Hutang Sebelum Tidur merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Fiqih Doa dan Dzikir yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 7 Rabi’ul Awwal 1444 H / 03 Oktober 2022 M.

Lihat sebelumnya: Doa Sebelum Tidur

Kajian Tentang Memohon Perlindungan dan Dilunaskan Hutang Sebelum Tidur

Hari ini kita akan mengkaji salah satu doa yang diajarkan oleh Nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam untuk kita baca sebelum tidur. Dan saya yakin doa ini banyak di antara kita yang belum tahu. Kalau belum tahu tentunya kemungkinan besar juga belum mengamalkan. Padahal doa ini ada dalam Shahih Muslim.

Hal ini menunjukkan bahwa kita jangan pernah puas dengan ilmu yang telah kita ketahui. Karena ternyata masih banyak yang belum kita ketahui. Bahkan lebih banyak ilmu yang belum kita ketahui daripada yang sudah kita ketahui. Maka jangan berhenti ngaji. Ilmu yang belum kita ketahui masih sangat banyak sekali.

Harapannya kalau ilmu bertambah maka bertambah pula amal kita. Kalau tambah amal mudah-mudahan bekalnya tambah banyak. Kalau bekalnya tambah banyak mudah-mudahan peluang masuk surganya tambah besar. Jadi jangan berhenti ngaji, jangan berhenti belajar agama, jangan merasa puas dengan ilmu yang sudah kita miliki. Teruslah belajar.

Baca Juga:
Hikmah Allah Menguji HambaNya - Surah Al-Baqarah 214

Doa sebelum tidur

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, beliau menuturkan: “Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan kami ketika akan tidur supaya tidur miring menghadap ke kanan. Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam memerintahkan supaya membaca doa:

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ وَرَبَّ الأرْضِ وَرَبَّ العَرْشِ العَظِيمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَالإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ، أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اللَّهُمَّ أَنْتَ الأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْء، وَأَنْتَ الآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

“Ya Allah, Engkaulah penguasa langit dan bumi dan penguasanya ‘Arsy yang agung. Rabb kami dan Rabbnya segala sesuatu, Yang membelah benih dan biji kurma. Yang menurunkan Taurat, Injil dan Al-Qur’an. Ya Allah, aku mohon perlindungan kepadaMu dari kejahatan segala sesuatu yang dikuasai oleh Allah.

Ya Allah, sesungguhnya Engkau Yang Maha Awal maka tidak ada sesuatu pun yang ada sebelumMu. Dan Engkaulah Yang Maha Akhir maka tidak ada sesuatu pun yang setelahMu. Dan Engkaulah Yang Maha Tinggi maka tidak ada yang lebih tinggi di atasMu. Dan Engkaulah Yang Maha Dekat maka tidak ada sesuatu pun yang lebih dekat daripadaMu. Ya Allah, lunaskanlah utang kami dan jadikanlah kami hidup berkecukupan sehingga kami tidak lagi fakir.” (HR. Muslim)

Baca Juga:
Perbandingan Ilmu dan Harta Bag 3

Salah satu adab kalau kita mau minta (berdoa) kepada Allah adalah tidak tiba-tiba minta. Tapi sebelum minta itu kita memuja dan memuji Allah, itulah tawasul. Ini namanya berdoa dengan etika.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya. Download juga mp3 bacaan dzikir pagi dan petang.

Download mp3 Kajian Dzikir Memohon Perlindungan dan Dilunaskan Hutang Sebelum Tidur

Mari turut membagikan link download kajian “Memohon Perlindungan dan Dilunaskan Hutang Sebelum Tidur” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.