Masjid Al-Barkah

Tematik

Zalim Tanpa Sadar

By  |  pukul 10:03 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 08 Desember 2022 pukul 8:47 am

Tautan: https://rodja.id/3nj

Zalim Tanpa Sadar merupakan bagian dari kajian Islam yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Zaen, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 10 Jumadil Awwal 1444 H / 5 Desember 2022 M.

Kajian Tentang Zalim Tanpa Sadar

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak mungkin bisa hidup sendiri, mau tidak mau kita akan berinteraksi dengan orang lain. Mulai dari orang-orang terdekat, ayah dan ibu, suami atau istri, kakak atau adik, anak-anak, dan orang-orang yang masih kerabat dengan kita. Mulai dari orang yang bertetangga, atau rekan kerja di kantor, atau yang kita temui di jalanan, di pasar, dan di tempat-tempat umum. Mau tidak mau kita harus berinteraksi dengan mereka.

Islam mengajarkan bahwa seorang manusia ketika berinteraksi dengan orang lain, maka ada aturan yang harus diperhatikan. Ada hak-hak mereka yang harus ditunaikan, dan ada kewajiban yang harus kita jalankan.

Tentunya hak satu orang dengan orang yang lain berbeda-beda. Kewajiban kepada orang yang kita kenal dengan yang tidak kita kenal, tentu tidak sama. Kewajiban kita kepada orang yang punya hubungan darah tidak sama dengan kewajiban terhadap orang yang tidak punya hubungan darah.

Yang perlu dipahami bahwa semakin dekat hubungan seseorang dengan kita, maka hak dia atas kita semakin besar. Sehingga haknya bapak dan ibu lebih besar daripada haknya bos kita. Haknya suami/istri lebih besar daripada haknya teman arisan. Haknya anak lebih besar daripada haknya teman group WA.

Baca Juga:
Bimbingan Yang Menyenangkan

Hal ini harus kita pahami. Karena kenyataannya justru tidak sedikit orang-orang terdekat tadi yang malah sering mengalami perilaku tidak terpuji dari kita. Tidak jarang ayah dan ibu jadi korban dari perilaku buruk anaknya, padahal anak punya kewajiban yang sangat besar kepada orang tua. Betapa banyak anak yang jadi korban perilaku buruk bapak dan ibunya, padahal hak anak atas orang tuanya sangat besar. Betapa banyak suami yang jadi korban perilaku buruk istrinya, padahal kewajiban istri kepada suami sangat besar atau sebaliknya.

Ketahuilah bahwa apa yang kita lakukan hari ini di dunia ada pertanggungjawabannya di akhirat. Jangan pernah berpikir bahwa perilaku kita di dunia itu tidak ada konsekuensinya di akhirat. Apalagi seandainya yang kita lakukan itu adalah perbuatan zalim. Dan itu sayangnya sering terjadi terhadap orang-orang yang sangat dekat dengan kita. Ketahuilah bahwa perbuatan zalim itu akibatnya mengerikan, baik di dunia atau di akhirat.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajiannya.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Zalim Tanpa Sadar” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Memberikan Bingkisan dan Hadiah

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.