Masjid Al-Barkah

Mukhtashar Shahih Muslim

Separuh Penduduk Surga

By  |  pukul 1:11 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 13 Januari 2023 pukul 8:58 am

Tautan: https://rodja.id/3oo

Separuh Penduduk Surga merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Mukhtashar Shahih Muslim yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Ahad, 15 Jumadil Akhir 1444 H / 8 Januari 2023 M.

Kajian sebelumnya: Adanya Ampunan Yang Bersifat Sebagian

Kajian Hadits Tentang Separuh Penduduk Surga

Hadits 102:

عَنْ عَبْدِ اللهِ بن مسعود – رضي الله عنه – قَالَ كُنَّا مَعَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ في قُبَّةٍ نَحْوًا مِنْ أَرْبَعِينَ رَجُلًا فَقَالَ رسولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – أَتَرْضَوْنَ أَنْ تَكُونُوا رُبُعَ أَهْلِ الْجَنَّةِ قَالَ قُلْنَا نَعَمْ فَقَالَ أَتَرْضَوْنَ أَنْ تَكُونُوا ثُلُثَ أَهْلِ الْجَنَّةِ فَقُلْنَا نَعَمْ فَقَالَ وَالَّذِي نَفْسِ محمد بِيَدِهِ إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ تَكُونُوا نِصْفَ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَذَاكَ أَنَّ الْجَنَّةَ لَا يَدْخُلُهَا إِلَّا نَفْسٌ مُسْلِمَةٌ وَمَا أَنْتُمْ في أَهْلِ الشِّرْكِ إِلَّا كَالشَّعْرَةِ الْبَيْضَاءِ في جِلْدِ الثَّوْرِ الْأَسْوَدِ أَوْ كَالشَّعْرَةِ السَّوْدَاءِ في جِلْدِ الثَّوْرِ الْأَحْمَرِ.

Dan ‘Abdullah bin Mas’ud Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: “Kami pernah bersama Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam di sebuah kemah yang memuat sekitar 40 orang. Maka Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Apakah kalian ridha untuk menjadi seperempatnya penduduk surga?’ Kami berkata: ‘Iya.’ Lalu Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Ridha-kah kalian menjadi sepertiga penduduk surga?’ Kami berkata: ‘Iya.’

Baca Juga:
Meninggal Di Atas Sunnah

Kemudian Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: ‘Demi Dzat yang Nabi Muhammad berada di tangannya, sesungguhnya aku berharap kalian menjadi separuhnya penduduk surga. Karena surga tidak akan dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim. Dan tidaklah jumlah kalian dibandingkan dengan orang-orang yang berbuat syirik kecuali seperti satu helai rambut yang berwarna putih di kulit banteng yang berwarna hitam. Atau seperti satu helai rambut hitam di kulit banteng yang berwarna merah.'” (HR. Muslim)

Keutamaan umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam

Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan bahwa beliau berharap sekali kalau umat Islam itu menjadi separuhnya penduduk surga. Namun dalam riwayat yang lain dikatakan bisa lebih dari itu. Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

خُيِّرْت بَيْنَ أَنْ يَدْخُلَ نِصْفُ أُمَّتِي الْجَنَّةَ ؛ وَبَيْنَ الشَّفَاعَةِ فَاخْتَرْت الشَّفَاعَةَ…

“Aku diberikan oleh Allah pilihan antara separuh dari umatku masuk surga atau diberi syafa’at. Maka aku pun memilih syafa’at…” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad)

Bahkan umat Islam pada asalnya seluruhnya masuk surga kecuali yang enggan. Kata Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

كُلُّ أُمَّتِي يَدْخُلُونَ الْجَنَّةَ إِلاَّ مَنْ أَبَى. قَالُوا: يَا رَسُولَ اللَّهِ، وَمَنْ يَأْبَى؟ قَالَ: مَنْ أَطَاعَنِي دَخَلَ الْجَنَّةَ، وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ أَبَى.

“Semua umatku akan masuk surga, kecuali yang tidak mau.” Kemudian para sahabat bertanya: “Siapa yang tidak mau wahai Rasulullah?” Kata Rasulullah: “Siapa yang menaatiku dia pasti masuk surga, tapi siapa yang memaksiatiku maka ia tidak mau masuk ke dalam surga.” (HR. Bukhari)

Baca Juga:
Apakah Musibah dan Kesengsaraan Menghapuskan Dosa?

Islam adalah syarat untuk masuk surga

Nabi mengatakan: “Surga itu tidak akan dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim.” Maka jiwa yang tidak muslim (berbuat syirik dan wafat di atas kesyirikan) haram masuk ke dalam surga.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

إِنَّهُ مَن يُشْرِكْ بِاللَّهِ فَقَدْ حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ الْجَنَّةَ

“Sesungguhnya orang yang berbuat syirik (mempersekutukan Allah), maka Allah haramkan ia untuk masuk ke dalam surga.” (QS. Al-Ma’idah[5]: 72)

Para Nabi Diatas Agama Islam

Nabi mengatakan bahwa surga tidak akan dimasuki kecuali oleh jiwa yang muslim. Berarti para Nabi semua agamanya Islam. Makanya Nabi Yusuf memohon kepada Allah agar diwafatkan diatas Islam. Beliau bersabda:

…تَوَفَّنِي مُسْلِمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ

“Ya Allah wafatkan aku dalam keadaan muslim, dan masukkan aku termasuk orang-orang yang shalih.” (QS. Yusuf[12]: 101)

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Separuh Penduduk Surga” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Baca Juga:
Baitul Hamdi (Istana Pujian)

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.