Masjid Al-Barkah

Al-Furqan Min Qashashil Quran

Kisah Ya’juj dan Ma’juj

By  |  pukul 9:11 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 01 Agustus 2023 pukul 8:55 am

Tautan: https://rodja.id/3rf

Kisah Ya’juj dan Ma’juj adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Al-Furqan Min Qashashil Qur’an. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Senin, 17 Syawwal 1444 H / 08 Mei 2023 M.

Kajian sebelumnya: Kisah Harut dan Marut

Kajian Kisah Ya’juj dan Ma’juj

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

حَتَّىٰ إِذَا فُتِحَتْ يَأْجُوجُ وَمَأْجُوجُ وَهُمْ مِنْ كُلِّ حَدَبٍ يَنْسِلُونَ

“Sehingga apabila dibuka dinding Ya’juj dan Ma’juj, mereka turun dengan cepat dari semua tempat yang tinggi.” (QS. Al-Anbiya[21]: 96)

Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj merupakan salah satu tanda dari tanda-tanda kiamat besar.

Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah berkata kepada para sahabat, ketika mereka sedang berbicara sesama mereka: “Apa yang sedang kalian bicarakan?” Mereka menjawab: “Kami berbicara tentang hari kiamat.” Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

إِنَّهَا لَنْ تَقُومَ حَتَّى تَرَوْنَ قَبْلَهَا عَشْرَ آيَاتٍ – فَذَكَرَ – الدُّخَانَ، وَالدَّجَّالَ، وَالدَّابَّةَ، وَطُلُوعَ الشَّمْسِ مِنْ مَغْرِبِهَا، وَنُزُولَ عِيسَى ابْنِ مَرْيَمَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَيَأَجُوجَ وَمَأْجُوجَ…

“Kiamat sesungguhnya tidak akan tegak sampai kalian melihat 10 tanda (besar). Maka beliau menyebutkan: Dukhan, Dajjal, Dabbah, terbitnya matahari dari barat, turunnya ‘Isa bin Maryam ‘Alaihis Salam, keluarnya Ya’juj dan Ma’juj…” (HR. Muslim)

Hari kiamat adalah hari yang semua kita tidak tahu kapan terjadinya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Mengajarkan Anak Untuk Jujur

يَسْأَلُكَ النَّاسُ عَنِ السَّاعَةِ ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ ۚ وَمَا يُدْرِيكَ لَعَلَّ السَّاعَةَ تَكُونُ قَرِيبًا

“Manusia bertanya kepada engkau (wahai Muhammad) tentang hari kiamat. Katakanlah: ‘Pengetahuannya itu di sisi Allah.’ Dan tahukah engkau, boleh jadi hari kiamat itu waktunya dekat.” (QS. Al-Ahzab[33]: 63)

Dari sini kita tahu bahwa manusia tidak mengetahui kapan terjadinya hari kiamat. Yang tahu hanya Allah Subhanahu wa Ta’ala. Oleh karena itu ketika Jibril bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kapan hari kiamat terjadi, Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya.”

Lihat: Hadits Arbain Ke 2 – Pengertian Islam, Iman dan Ihsan

Hanya saja ulama menyebutkan tanda-tanda kiamat. Keluaran Ya’juj dan Ma’juj merupakan salah satu dari tanda kiamat besar.

Ya’juj dan Ma’juj adalah dari kalangan manusia. Mereka adalah dua umat besar yang jumlahnya sangat banyak. Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari Download dan simak mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Read

Mari turut membagikan link download kajian “Kisah Ya’juj dan Ma’juj” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Talbis Iblis dalam Thaharah dan Shalat

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.