Masjid Al-Barkah

Ada Apa dengan Remaja

Remaja Masa Kini Yang Penuh Dinamika

By  |  pukul 2:16 pm

Terakhir diperbaharui: Jumat, 28 Juli 2023 pukul 9:14 am

Tautan: https://rodja.id/3rq

Remaja Masa Kini Yang Penuh Dinamika merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 25 Syawal 1444 H / 16 Mei 2023 M.

Kajian Tentang Remaja Masa Kini Yang Penuh Dinamika

Kita masuk pada bahasan remaja masa kini yang penuh dinamika. Karena ketika kita berbicara remaja maksudnya adalah remaja hari ini.

Tentunya tidak sedikit orang tua mungkin merasa heran dengan anak-anak remaja mereka yang mungkin dinilai sangat berbeda kondisinya dengan kondisi mereka semasa remaja dulu. Baik dalam hal kedewasaan, kemandirian, ketelitian, keuletan, kesungguhan, kepekaan sosial dan seterusnya. Dan yang paling menonjol adalah dalam hal manajemen emosi.

Jawaban singkat kadang terlontar, yaitu “namanya juga beda zaman.” Barangkali jawaban itu ada benarnya juga. Memang beda zaman, beda tantangan, beda keadaan juga. Dulu tidak sama seperti sekarang. Tapi coba sejenak kita akan telusuri akar permasalahannya. Bukan hanya sekedar mengatakan “memang beda zaman.” Tapi coba kita telusuri sisi lain agar kita bisa menemukan akar masalah.

Tentunya Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan pada diri manusia dua unsur, yaitu jasmani dan rohani atau dalam bahasa lain fisik dan akal. Yang mana manusia terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Apa-apa yang kita temukan hari ini tidak ditemukan dulu. Allah Subhanahu wa Ta’ala memberikan ilmu-ilmu yang mungkin dulu tidak diketahui dan dimiliki oleh orang-orang dahulu. Seiring dengan berkembangnya ilmu manusia ini, maka terjadilah perubahan-perubahan.

Baca Juga:
Mencintai Rasulullah, Meneladani dan Mengamalkan Sunnahnya

Manusia adalah makhluk yang terus tumbuh dan berkembang. Mereka dianugerahi kehendak. Kehendak inilah yang terus berjalan dilandasi dengan ilmu yang Allah berikan kepada manusia. Bukan hanya ilmu, tapi kekuatan manusia juga pada kehendak yang ada pada diri mereka. Sehingga manusia terus berkembang. Allah Subhanahu wa Ta’ala mengatakan:

لَتَرْكَبُنَّ طَبَقًا عَن طَبَقٍ

“Kamu akan melewati kehidupan ini fase demi fase.” (QS. Al-Insyiqaq[84]: 19)

Orang tua kadang-kadang kurang mengerti bahwa anaknya bukan bocah lagi, padahal anaknya sudah remaja tapi masih diperlakukan ibarat bocah. Ada anak yang sudah dewasa tapi masih diperlakukan seperti remaja. Ini tentu tidak tepat. Orang tua tidak memperhatikan pertumbuhan fisik yang ada pada anaknya. Maka Allah berikan nampak jelas perubahan-perubahan, baik yang terlihat (fisik), maupun yang terdengar (pita suara).

Ketika anak sudah beranjak remaja, dia tidak mau bahkan risih diperlakukan seperti bocah. Maka orang tua juga harus mengerti pertumbuhan fisik.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Remaja Masa Kini Yang Penuh Dinamika” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Baca Juga:
Hadits Tentang Allah Menuliskan Kebaikan dan Keburukan

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.