Masjid Al-Barkah

Al-Adabul Mufrad

Bab Dipukulnya Orang Karena Salah Bicara Dalam Bahasa Arab

By  |  pukul 10:08 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 26 Juni 2023 pukul 10:10 am

Tautan: https://rodja.id/3sn

Bab Dipukulnya Orang Karena Salah Bicara Dalam Bahasa Arab adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Al-Adabul Mufrad. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A. pada Senin, 23 Dzulqa’dah 1444 H / 12 Juni 2023 M.

Kajian Islam Tentang Bab Dipukulnya Orang Karena Salah Bicara Dalam Bahasa Arab

Bab Dipukulnya Orang (tentu memukul dalam rangka mendidik) Karena Salah Bicara Dalam Bahasa Arab.

Kita tahu Bahasa Arab adalah bahasa yang sangat mulia, bahasa agama kita. Kemanapun kita pergi, kita akan mendapati semua muslim ketika beribadah menggunakan Bahasa Arab. Hal ini tidak dimiliki oleh agama lainnya. Di berbagai negara, orang Muslim dari berbagai latar belakang etnis dan bahasa menggunakan bahasa Arab dalam shalat. Misalnya, di Afrika, Australia, Papua, Aceh, China, Eropa, Italia, mereka mengucapkan “Allahu Akbar” dan salam mereka sama dengan bahasa Arab, yaitu Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Bahkan di Spanyol dan Portugal, meskipun mereka memiliki bahasa sendiri, mereka tetap beribadah dengan menggunakan bahasa Arab. Hal yang sama berlaku di Amerika dan Amerika Latin. Bahasa Arab adalah bahasa agama Islam.

Kita dapat melihat betapa pentingnya bahasa Arab dalam agama Islam dari perhatian Salafus Sholeh terhadapnya. Allah Subhanahu wa Ta’ala bahkan mengatakan di dalam Al-Qur’an:

بِلِسَانٍ عَرَبِيٍّ مُّبِينٍ

“Al-Qur’an itu dengan bahasa Arab yang dapat menjelaskan dengan jelas, lugas, dan tegas.” (QS. Asy-Syu’ara'[26]: 195)

Ini tidak ada dalam bahasa lain. Oleh karena itu, tidak ada terjemahan huruf per huruf dari Al-Qur’an, tetapi yang ada adalah tafsir yang menjelaskan maknanya. Ini menunjukkan keutamaan bahasa Arab yang dipilih oleh Allah sebagai bahasa agama Islam dan bahasa Al-Qur’an yang merupakan pedoman bagi umat Islam.

Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu, memerintahkan para sahabat, tabiin, dan generasi berikutnya untuk belajar bahasa Arab. Beliau berkata:

تعلموا العربية فإنها من دينكم، وتعلموا الفرائض فإنها من دينكم

“Kalian belajar bahasa Arab, karena itu bagian dari agama kalian. Belajar juga faraid (ilmu pembagian waris), itu juga termasuk dari agama kalian.”

Umar bin Khattab pernah menulis surat kepada Abu Musa Al-Asyari Radhiyallahu ‘Anhu yang ketika itu menjadi gubernur. Isi suratnya: “Kalian perdalam pemahaman tentang sunnah, dan kalian perdalam dalam ilmu bahasa Arab. Dan Arabkan Al-Qur’an ini (artinya baca secara bahasa Arab).”

Di sini Umar  memberikan pencerahan agar orang memahami bahasa Arab dan agar orang-orang belajar syariat. Yang mana sumber syariat itu adalah dengan bahasa Arab. Oleh karena itu, mengapa ketika seseorang belajar agama melalui bahasa Indonesia, terkadang terjadi kesalahan terjemahan sehingga bisa menyebabkan salahnya pemahaman.

Imam Bukhari menyebutkan dalam kitabnya bagaimana seseorang bisa dipukul jika mereka salah dalam susunan bahasa Arab. Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian dan simak pembahasan yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian tentang “Bab Dipukulnya Orang Karena Salah Bicara Dalam Bahasa Arab” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.