Masjid Al-Barkah

Ada Apa dengan Remaja

Memberi Perhatian dan Memahami Remaja

By  |  pukul 1:28 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 25 April 2024 pukul 1:36 pm

Tautan: https://rodja.id/5co

Memberi Perhatian dan Memahami Remaja merupakan kajian Islam ilmiah yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsaary dalam pembahasan Ada Apa dengan Remaja. Kajian ini disampaikan pada Selasa, 14 Syawal 1445 H / 23 April 2024 M.

Kajian Tentang Memberi Perhatian dan Memahami Remaja

Salah satu di antara kiat untuk meyakinkan anak remaja sehingga dia percaya kata-kata kita dan berusaha untuk menerimanya, adalah memberikan kesan bahwa kita memperhatikan dan berusaha untuk memahami mereka. Ketika berdialog atau berbicara dengannya, jangan sibuk dengan pembicaraan lain yang terkesan tidak nyambung dengan inti pembicaraan, atau dengan hal lain seperti bermain ponsel sehingga terkesan kita memandang remeh pembicaraan tersebut. Tentunya ini terkesan merendahkan lawan bicara kita.

Maka berikan perhatian dan berusaha untuk memahami mereka, seperti yang sudah kita jelaskan berulang kali. Dialog itu dua arah. Jangan biarkan dia terus bicara, dan jangan biarkan juga kita yang terus bicara. Harus ada dialog dua arah. Dia bicara, kita mendengar; kita bicara, dia mendengar; itu menjadi penting untuk menunjukkan perhatian kita kepadanya, bahwa kita berusaha untuk memahaminya. Sebaliknya, juga kita juga ingin dia memahami dan mengerti kata-kata kita.

Kemudian, berikutnya adalah jangan memberikan kesan intimidasi, memojokkan mereka, atau menghakimi. Atau, kita menerka niatnya seolah-olah kita tahu apa yang ada di dalam hatinya. Itu banyak dilakukan oleh para orang tua; kamu begini kan, begitu kan, seolah-olah menghakimi hatinya, sesuatu yang tidak ada orang lain tahu apa isi hati manusia, termasuk hati anak kita.

Bagaimanapun kita dekatnya dengan seseorang, kita tidak boleh menghakimi hatinya, karena urusan hati antara yang bersangkutan dengan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Walaupun itu anak kita sendiri, tidak boleh kita menghukumi manusia atas dasar apa yang ada di dalam hatinya, karena itu urusan antara dia dan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Memberi Perhatian dan Memahami Remaja” ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.