Masjid Al-Barkah

Tematik

Mengejar Husnul Khatimah

By  |  pukul 1:26 pm

Terakhir diperbaharui: Senin, 27 Mei 2024 pukul 1:29 pm

Tautan: https://rodja.id/5dm

Mengejar Husnul Khatimah adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah tematik oleh Ustadz Dr. Abu ‘Abdil Muhsin Firanda Andirja, M.A. Hafidzahullah pada Senin, 17 Dzulqa’dah 1445 H / 25 Mei 2024 M.

Kajian Tentang Mengejar Husnul Khatimah

Suatu hal yang menggelisahkan para Shalihin adalah ketidaktahuan mereka tentang akhir kehidupan mereka, apakah masuk surga ataukah masuk neraka? Oleh karenanya Ibnu Rajab Al-Hanbali berkata, “Sesungguhnya Sufan Rahimahullahu Ta’ala dahulu sangat gelisah tentang bagaimana amal-amal yang telah lalu dan bagaimana tentang penghujung amalannya. Dan dia menangis dan berkata, ‘Saya tidak tahu apa yang ditulis tentangku di Lauhil Mahfudz, apakah saya termasuk yang celaka atau tidak. Dan aku khawatir imanku dicabut ketika akan meninggal dunia.'”

Ibnu Abi Mulaikah berkata, “Aku mendapati 30 orang sahabat nabi (di antaranya sahabat-sahabat senior), semuanya takut ada kemunafikan pada diri mereka.” Mereka tidak tahu tentang bagaimana akhir dari kehidupan mereka. Sementara Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إنما الأعمال بالخواتيم 

“Sesungguhnya amalan tergantung dari penutupnya.” (HR. Bukhari)

Penutup amalan seorang itulah kesimpulan dari amalan dia selama dalam hidupnya. Inilah yang menggelisakan para Shalihin. Sebagaimana kata Ibnul Qayyim Rahimahullahu Ta’ala, “Sungguh rasa takut terhadap penghujung telah mematahkan punggung-punggung orang-orang yang shalih.” Mereka gelisah dengan akhir kehidupan mereka.

Karenanya tidak kita dapati para Shalihin mereka PD masuk surga, bahkan para sahabat yang telah dijamin masuk surga, mereka tetap khawatir tentang akhir mereka.

Lihatlah contoh nyata Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhu yang memiliki segudang pujian dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Di antaranya nabi mengatakan, “Umar di surga.” Bahkan Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dalam hadits yang lain mengatakan, “Umar akan mati syahid.” Ketika Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam naik di atas gunung bersama Abu Bakar, Umar dan Utsman, maka gunung Uhud bergetar. Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam berkata, “Wahai Uhud, tenanglah engkau, sesungguhnya yang sedang berada di atasmu adalah seorang nabi, seorang siddiq , dan dua orang yang mati syahid.” Dan benar Umar akhirnya mati syahid.

Setelah semua berita ini, apakah Umar kemudian PD? Ternyata tidak. Ketika beliau dalam kondisi akan meninggal dunia, beliau diletakkan di tempat tidur, maka orang-orang pun berdatangan. Ada seorang yang memuji Umar dengan pujian yang luar biasa. Umar Radhiyallahu ‘Anhu menjawab, “Aku hanya berharap impas dengan pujian-pujian tersebut.” Beliau tidak PD dengan segudang pujian yang Nabi berikan kepadanya. Padahal sudah tampak di hadapan dia Husnul Khatimah. Tapi tetap tidak ada sombong bahwasanya beliau pasti masuk surga.

Inilah seorang wali dari wali-wali Allah yang sesungguhnya, yang mengerti betul tentang keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Bahwasanya apa yang kita lakukan tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan keagungan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Dari sini kita tahu bahwasanya yang menggelisahkan orang-orang Shalih adalah mereka tidak tahu tentang kesudahan mereka.

Lalu bagaimana kiat-kiat Mengejar Husnul Khatimah? Simak dan download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian

Mari turut membagikan link download kajian “Mengejar Husnul Khatimah” yang penuh manfaat ini ke jejaring sosial Facebook, Twitter atau yang lainnya. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi kita semua. Jazakumullahu Khairan.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Telegram: t.me/rodjaofficial
Facebook: facebook.com/radiorodja
Twitter: twitter.com/radiorodja
Instagram: instagram.com/radiorodja
Website: www.radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook: facebook.com/rodjatvofficial
Twitter: twitter.com/rodjatv
Instagram: instagram.com/rodjatv
Website: www.rodja.tv

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.