Telegram Rodja Official

Keutamaan Ikhlas – Bagian ke-1: Poin 1-8 – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 10:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 08 Jumadil awal 1437 / 17 Februari 2016 pukul 1:55 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=5888

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Kajian seri Aktualisasi Akhlak Muslim, dalam pembahasan Keutamaan Ikhlas Bagian ke-1, dan mulai pembahasan dari poin ke-1 hingga poin ke-8, bersama Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary yang disiarkan di Radio Rodja dan RodjaTV pada Senin malam, 7 Muharram 1435 / 18 November 2013, pukul 20:30-21:40 WIB. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Keutamaan Ikhlas (Bagian ke-1)

Ikhlas merupakan kunci dari segalanya, Ahkhlak mulia pertama yang wajib dimiliki oleh seorang muslim adalah ikhlas. Ikhlas yaitu ia mengerjakan segala macam kebaikan demi mengharap ridha dari Allah Subhanahu wa Ta’ala semata. Dan inilah yang membedakan kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh orang-orang mukmin dengan kebaikan-kebaikan yang dilakukan oleh orang-orang non-mukmin. Karena semua kebaikan tidak akan ada manfaatnya jika tidak didasari dengan keikhlasan. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan.

Baca Juga:  Pentingnya Kejujuran - Bagian ke-1 (Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّمَا اْلأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإِنَّمَا لِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللهِ وَرَسُوْلِهِ، وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيِهِ

“Sesungguhnya segala amalan itu tidak lain tergantung pada niat, dan sesungguhnya tiap-tiap orang tidak lain (akan memperoleh balasan dari) apa yang diniatkannya. Barangsiapa hijrahnya menuju (keridhaan) Allah dan rasul-Nya, maka hijrahnya itu ke arah (keridhaan) Allah dan rasul-Nya. Barangsiapa hijrahnya karena (harta atau kemegahan) dunia yang dia harapkan, atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya itu ke arah yang ditujunya.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga:  Mengenal Kematian Menurut Al-Quran dan As-Sunnah - Bagian ke-2 (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Bagaimana penejelasan lengkap dari pembahasan ini?

Download dan simak ceramah agama yang bermanfaat ini, yang dibawakan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Maidani hafidzhahullah, dengan pembahasan Keutamaan Ikhlas yang diambil dari buku Aktualisasi Akhlak Muslim. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Aktualisasi Akhlak Muslim”: Keutamaan Ikhlas ke-1 hingga ke-8

Mari kita bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang kita miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.