Masjid Al-Barkah

Fawaaidul Fawaaid

Allah Enggan Mengumpulkan Kebaikan di Hati yang Terdapat di Dalamnya selain Allah – Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 7:10 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 01 Juni 2015 pukul 2:02 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=6368

Kajian oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Alhamdulillah, setelah kita dapat nikmati bersama siaran ceramah Amalan adalah Bangunan, sedangkan Pondasinya adalah Iman pada pekan lalu, maka dalam lanjutan kajian kitab Fawaidul Fawaid pada Senin pagi, 5 Rajab 1435 / 5 Mei 2014, pukul 05:30-07:00 WIB, dapat kita nikmati sebuah ceramah agama bertajuk obat hati kembali, yakni dengan pasal baru tentang “Allah Enggan Mengumpulkan Kebaikan di Hati yang Terdapat di Dalamnya selain Allah” (لا يجمع الله ذخائره في قلب فيه سواه). Sebuah judul yang sangat menarik untuk kita simak bersama, mari kita dengarkan seksama dan download ceramahnya, kemudian kita share pula kepada saudara-saudara Muslimin kita.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Allah Enggan Mengumpulkan Kebaikan di Hati yang Terdapat di Dalamnya selain Allah (Kitab Fawaidul Fawaid)

[sc:status-fawaidul-fawaid-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Kajian Kitab Fawaidul Fawaid Al-Imam Ibnul Qayyim Al-Jauziyyah

Allah Enggan Mengumpulkan Kebaikan di Hati yang Terdapat di Dalamnya selain Allah

ترك الشهوات لله، وإن أنجى من عذاب الله وأوجب الفوز برحمته، فذخائر الله وكنوز البر ولذة الأنس والشوق إليه والفرح والابتهاج به، لا تحصل في قلب فيه غيره، وإن كان من أهل العبادة والزهد والعلم

Baca Juga:
Di Antara Sesuatu yang Mengherankan dan Macam-Macam Cemburu - Kitab Fawaidul Fawaid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Meninggalkan syahwat karena Allah, walaupun itu bisa menyelamatkan dari adzab Allah dan menyebabkan seseorang itu sukses dan mendapatkan rahmat Allah, di mana ia juga merupakan simpanan kebaikan dan kelezatan untuk senantiasa rindu kepada Allah, bergembira dengan ketaatan. Itu tidak akan bisa kita hasilkan semua itu apabila ternyata di dalam hati kita ada selain Allah, walaupun ia termasuk orang ahli ibadah, ahli zuhud, dan ahli ilmu.

Kalau ternyata di hatinya ada selain Allah, maka ia tidak akan mendapatkan semua itu, atau ia berkurang, yaitu tidak mendapatkannya secara sempurna.

فإن الله سبحانه أبى أن يجعل ذخائره في قلب فيه سواه وهمته متعلقة بغيره،

Karena Allah Subhanahu wa Ta’ala enggan untuk memberikan kepada seorang hamba pada hatinya perhiasan-perhiasan yang memberikan keindahan hati apabila ternyata di dalam hati tersebut terdapat selain Allah, di mana keinginan dia bergantung kepada selain Allah.

وإنما يودع ذخائره في قلب يرى الفقر غنى مع الله، والغنى فقرا دون الله،

“Akan tetapi, Allah memberikan kepada seorang hamba perhiasan dalam hatinya apabila ia menganggap kefakiran itu sebagai kekayaan bersama Allah dan kekayaan itu kefakiran apabila tanpa Allah yang memberikan kepada kita kekuatan.”

والعز ذلا دونه ، والذل عزا معه،

“Demikian pula, kemuliaan itu menjadi kehinaan apabila Allah tidak membantunya dan kehinaan itu menjadi kemuliaan apabila Allah menolongnya.”

Baca Juga:
Kesempurnaan Iman dan Sebab-Sebab yang Menumbuhkannya - Kitab At-Taudhih Wal Bayan Li Syajaratil Iman (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

والنعيم عذابا دونه، والعذاب نعيما معه‏.

“Dan kenikmatan menjadi adzab kalau ternyata ia malah berbuat maksiat kepada Allah dan adzab menjadi kenikmatan apabila Allah bersamanya.”

Merupakan ceramah agama penuh manfaat sebagai penyucian jiwa untuk dapat membersihkan hati dari yang selain Allah. Simak selalu seri kajian kitab Fawaidul Fawaid bersama Ustadz Abu Yahya Badrusalam dan download juga sebarkan rekaman ceramahnya.

Simak dan Download Kajian Kitab Fawaidul Fawaid: Allah Enggan Mengumpulkan Kebaikan di Hati yang Terdapat di Dalamnya selain Allah

Ayo kita lakukan amal ibadah dengan menyebarkan kebaikan ini, hanya dengan klik share melalui menu-menu media sosial di bawah ini untuk berbagai kepada saudara-saudara Muslimin kita di Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala menerima amal ibadah kita, Aamiin.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.