Masjid Al-Barkah

Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim

Akad-akad Investasi: Akad Al-Ijarah / Akad Sewa Menyewa – Bagian ke-1 (Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.)

By  |  pukul 8:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:18 am

Tautan: https://rodja.id/4uk

Kajian fiqih kontemporer oleh: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian agama Islam dari seri pembahasan Hal-hal yang Penting Diketahui oleh Pengusaha Muslim bersama Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A. Kajian ini ditayangkan live di Radio Rodja dan RodjaTV pada Senin ba’da Maghrib, 20 Rajab 1435 / 19 Mei 2014 dari Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja. Pembahasan ini diangkat dari kitab مالا يسع التاجر جهله. Pada pertemuan yang lalu telah disampaikan pembahasan terakhir mengenai Akad Ishtisna’ dan pada pertemuan kali ini beliau akan membahas tentang “Akad Al-Ijarah / Akad Sewa Menyewa (Bagian ke-1)“.

[sc:status-hal-yang-penting-diketahui-setiap-pengusaha-muslim-ustadz-erwandi-tarmizi-2014]

Ringkasan Kajian Fiqih Kontemporer dari Kitab “Hal yang Penting Diketahui setiap Pengusaha Muslim”: Akad-akad Investasi (العقود للاستثمار)

Akad Al-Ijarah / Akad Sewa Menyewa (الإجارة وأحكامها) Bagian ke-1

Di zaman sekarang, akad al-Ijarah (sewa menyewa) banyak digunakan untuk mengembangkan harta atau modal. Hal ini penting untuk kita pelajari, agar dalam akad kontemporer ini kita bisa selamat dari hal-hal yang dilarang dalam syariat.

Para ulama telah menjelaskan pengertian Al-Ijarah (sewa menyewa), mereka mengatakan:

تمليك منفعة بعوض

“Memberikan kepemilikan dari sebuah jasa dengan ada imbalah.”

Bagaimana penjelasan tentang akad al-ijarah ini? Silakan download kajian fiqih ekonomi Islam ini, dan simak penjelelasan dari Ustadz Erwandi Tarmidzi, M.A., mengenai permasalahan ini. Simak juga sesi tanya jawab yang sangat sayang jika dilewatkan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Penerima Eksekusi Wasiat

Download Kajian Fiqih Kontemporer: Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi – Akad-akad Investasi: Akad Al-Ijarah / Akad Sewa Menyewa (Bagian ke-1)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

1 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.