Telegram Rodja Official

Al-Ibaanatu Ash-Shughraa (Al-Ibanah Ash-Shughra)

Kewajiban Mencintai Para Sahabat Nabi Khususnya Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum – Poin 46-52 – Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab Al-Ibanah Ash-Shughra karya Imam Ibnu Baththah Al-‘Ukbariy yang disampaikan pada Selasa pagi, 20 Rajab 1435 / 20 Mei 2014, pukul 08:00-09:00 WIB. Kajian ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary. Pada pertemuan yang lalu, pemateri telah menjelaskan bahasan tentang Poin ke-43-45 tentang Keutamaan Sahabat Abu Bakar dan Umar bin Al-Khaththab, dan kali ini beliau akan membahas Poin ke-46-52 tentang “Kewajiban Mencintai Para Sahabat Nabi Khususnya Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum“.

Program Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra - Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Selasa pagi, 08:00-09:00 WIB



Status program Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra: AKTIF

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra

Keutamaan Sahabat Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum

Di dalam pembahasan kali ini, masih dibahas seputar keutamaan para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, begitu banyak dalil yang menunjukan tentang keutamaan sahabat. di antara dalil tersebut adalah, sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

لا تستقر محبة الأربعة إلا في قلب مؤمن تقي، أبي بكر وعمر وعثمان وعلي -رضي الله تعالى عنهم

Baca Juga:
Prinsip-Prinsip Dasar dalam Beragama yang Wajib Diketahui setiap Muslim - Poin 62 - Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

“Tidak akan menetap kecintaan kepada 4 orang ini kecuali pada hati seorang mukmin yang bertakwa, Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum.” (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi, dan Al-Hakim)

Para ulama menjelaskan bahwa hadits ini tidak shahih, namun secara makna shahih. Karena salah satu aqidah seorang muslim adalah mencintai para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, khususnya keempat sahabat tersebut. Barangsiapa yang membenci salah satu dari mereka, maka ia tersesat dari jalan kebenaran.

Para ulama menjelaskan bahwa, barangsiapa yang mencintai dan memberi pujian kepada para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam maka ia telah selamat dari kemunafikan. Barangsiapa yang melecehkan salah seorang dari mereka karena sesuatu yang ada pada mereka, maka ia adalah ahlul bid’ah yang tidak berada di atas aqidah ahlus sunnah wal jamaah. Dan dikhawatirkan tidak ada amalannya yang terangkat ke langit untuknya, hingga ia mencintai semua sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan hatinya bersih dari kedengkian kepada sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian ini, dan simak penjelasan Ustadz Abu Ihsan Al-Maidani mengenai hal tersebut. Simak pula sesi tanya jawab yang ada di dalam rekaman kajian ini.

Download Ceramah Agama Islam: Kajian Kitab Al-Ibanah Ash-Shughra: Kewajiban Mencintai Para Sahabat Nabi Khususnya Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali radhiyallahu ‘anhum (Poin 46-52)

Baca Juga:
Tuduhan Para Pemberontak kepada Sahabat Utsman radhiyallahu 'anhu - Kitab Al-'Awashim (Ustadz Abu Fairuz Ahmad Ridwan, M.A.)

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link download kajian yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain turut mendapatkan manfaatnya. Jazakumullahu Khairan

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.