Telegram Rodja Official

Muamalah

Tanya-Jawab: Apakah Hukum Program BPJS?

By  |  pukul 8:36 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 16 Maret 2017 pukul 4:16 pm

Tautan: http://rodja.id/114

Pertanyaan

Saya ingin bertanya, apakah program pemerintah yang namanya program BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) itu mengandung riba atau tidak? Karena program tersebut mirip sekali dengan asuransi.

Jawaban oleh Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, M.A.

Dengarkan jawabannya secara langsung, atau silakan download tanya-jawabnya.

Download Tanya-Jawab seputar Fiqih Muamalah Kontemporer

Ini merupakan tanya-jawab yang berlangsung pada saat kajian live pada 23 Jumadats Tsani 1435 / 24 April 2014, yaitu pada saat kajian Kitab Manhajus Salikin.

Baca Juga:
Kumpulan Fatwa Ulama Pilihan (Arsip Download)

24 Comments

  1. Imam susanto

    Minggu, 19 Maret 2017 at 7:33 AM

    Alhamdulillah, masih bisa didownload

  2. Rohmad prasetyo

    Selasa, 06 September 2016 at 3:01 PM

    assalamualaikum..afwan ana mau tanya, bagaimana jika saya bekerja di perusahaan dan saya diminta perusahaan/atasan untuk mengurus bpjs kesehatan bagi karyawan.. apa saya berdosa/haram jika melakukan perintah tersebut..terus terang saya tidak nyaman. apa saya harus keluar dari tempat saya bekerja..?mohon nasehat/jawabannya..jazakallah khoir..

    • Radio Rodja

      Selasa, 15 November 2016 at 9:56 PM

      Jika iurannya ditanggung oleh perusahaan maka insya Allah tidak mengapa

  3. lisa

    Minggu, 24 Januari 2016 at 9:12 PM

    Kalau mendaftar bpjs yg tdk dikenakan biaya dg mengurus surat keterangan tidak mampu dg tujuan jk sewaktu2 diperlukan apakah boleh?
    Karena sy sedang dalamtumor pengobatan tumor.takut perlu biaya besar untuk operasi

    • Radio Rodja

      Rabu, 27 Januari 2016 at 4:15 PM

      Wallahu a’lam, kami sarankan agar Anda menanyakannya langsung kepada ustadz Erwandi ketika kajian beliau live di Rodja. Yaitu setiap Kamis pukul 05:30 WIB hingga selesai.

  4. Rudi Syahputra

    Jumat, 18 Desember 2015 at 10:53 AM

    Assalamualaikum
    Saya masih bingug juga mengenai hukum program BPJS.. ada ustad yang mengatakan boleh dan ada yang tidak.. jadi saya sebagai diri pribadi berpatok yang mana berdasarkan jawaban para ustad belum ada hukum yang pasti dan jelas.. mohon para ustad untuk menyimpulkan hukum program BPJS.. karena saya sebagai karyawan didaftarkan perusahaan sebagai peserta BPJS dan iuran perbulannya suami dan istri iurannya ditanggung perusahaan dan anak dipotong dari gaji… apakah iuran yang ditanggung perusahan itu termasuk Gharar Hibah yang diperbolehkan dan boleh menggunakan BPJS…dan saat ini istri saya mengalami penyakit gangguan penglihatan mata.dan harus kontrol/check up 3 bulan sekali ke dokter mata. biayanya cukup besar ketika berobat oleh karena itu apakah boleh saya menggunakan BPJS sehingga pengobatannya gratis..Mohon penjelasannya dari para ustad.. pengisi Radio Rodja dan TV Rodja. Assalamualaikum

    • Radio Rodja

      Jumat, 18 Desember 2015 at 12:54 PM

      Wa’alaikumsalam
      Setahu kami, Ustadz Erwandi berpendapat bahwa hukum BPJS boleh bagi mereka yang iuran BPJS nya ditanggung oleh perusahaan. Semoga Allah memberikan kemudahan bagi Anda. Barakallahufiikum

      • Roni erwinsyah

        Senin, 21 Desember 2015 at 10:49 PM

        Assalamualaikum. Jadi kalau iuran BPJS ny ditanggung oleh perusahaan boleh menggunakannya tanpa ragu. Karena saya juga begitu iuran bpjs ditanggung perusahaan dan tidak dipotong dari gaji saya. Selama ini saya ragu menggunakannya. Trimakasih.

        • Radio Rodja

          Selasa, 22 Desember 2015 at 10:24 AM

          Iya, demikianlah yang kami ketahui dari pendapat Ustadz Dr. Erwandi Tarmizi, wallahu a’lam.

          • Tri

            Minggu, 20 Maret 2016 at 10:05 AM

            Jika self employee lalu bayar BPJS sendiri berarti tidak dibenarkan? Lalu solusinya apa ya? Atau ikut asuransi sekalian aja?

  5. Rahmat

    Rabu, 24 Desember 2014 at 7:12 AM

    alhamdulillah dengan hanya menggunakan ponsel android mp3 tanya jawab soal BPJS mudah di download. terima kasih audio sangat bermanfaat terutama dibagian pembahasan terakhir ttg 2%

    • Radio Rodja

      Rabu, 24 Desember 2014 at 1:25 PM

      Alhamdulillah. Terima kasih juga karena telah berkomentar akan mudahnya mendownload di situs Radio Rodja ini. Komentar Anda membantu meyakinkan pengunjung / pengunduh lainnya, bahwa mendownload rekaman ceramah dan tanya-jawab di radiorodja.com itu adalah sangat mudah, walaupun dengan ponsel / handphone sekali pun.

  6. arya

    Sabtu, 11 Oktober 2014 at 6:38 AM

    Assalamu’alaikum wr. Wb.
    Saya sudah coba download dengan menggunakan hp android (os jelly bean) bisa dan lancar. Mudah2an informasi ini berguna bagi yg lain.
    Jazakumullohu khoiron.

    • Radio Rodja

      Sabtu, 11 Oktober 2014 at 9:54 AM

      Wa’alaikumussalam awrohmatullah wabarokatuh.
      Iya, insya Allah bermanfaat juga bagi yang lain juga bagi kami, alhamdulillah.
      Wajazakumullahu khoiron.

  7. solichin

    Kamis, 25 September 2014 at 1:52 PM

    assalamualaikum, ijin download akhi, syukron….
    jazakumullohu khoiron.

  8. anwar

    Kamis, 28 Agustus 2014 at 4:33 PM

    asw. mhon informasi cara mendownload file tanya jawab ust. erwandi tentang BPJS bagaimana ya? saya coba beberapa kali tidak bisa. saya butu fatwa yang jelas tentang hal tersebut untuk mengambil keputusan mendaftar atau tidak

    • Radio Rodja

      Jumat, 29 Agustus 2014 at 8:51 AM

      Alhamdulillah, hingga kini, rekaman tanya-jawab tentang hukum BPJS itu masih bisa didownload dengan lancar. Dan rekaman tanya-jawab tersebut sudah terunduh sebanyak 10.293 kali. Jika Anda mengalami kesulitan, silakan dapat Anda lihat kembali, ada tombol “Download” dan Anda bisa menekan tombol tersebut untuk mengunduhnya. Jika Anda masih merasa kesulitan, maka silakan gunakan laptop / komputer untuk mengunjungi situs ini dan mendownload rekaman ceramahnya.

      • slamet

        Minggu, 16 November 2014 at 11:47 PM

        Alangkah baiknya kalau dibuat versi tertulisnya. Jadi bagi yang quota internetnya sedikit, bisa mendapatkan ilmunya juga.

        Saya sendiri juga kesulitan mendownload mp3nya. sudah berkali2 gagal.

        Sedangkan jumlah yang terdownload mungkin itu hanya counter klik dan tidak bisa dijadikan patokan keberhasilan download. Bisa jadi yang tidak bisa mendowload jumlahnya lebih banyak. Cuma baru dua orang yang komentar. Karena dari sekian puluh ribu jumlah klik downloadnya, yang menulis komentar berhasil mendownloadpun bahkan cuma 2 orang.

        Mohon maaf bila ada kata yang kurang berkenan.
        karena saya ingin mendengarkannya, tapi sudah puluhan kali saya klik tidak bisa.

        • Radio Rodja

          Senin, 17 November 2014 at 9:01 AM

          Mohon maaf, cek terakhir kami bahwa download berjalan dengan lancar. Alhamdulillah.

          Adapun mengenai counter, maka definisi counter memang secara umum demikian dan semua counter memang berfungsi sebatas definisi tersebut. Counter tentu bukan media survei manual keberhasilan.

          Indikator yang kami gunakan bukan komentar yang menyatakan berhasil, tapi indikasi yang kami gunakan adalah tes manual download dan alhamdulillah tidak ada masalah hingga sekarang.

          Mohon bisa diujicobakan dengan perangkat yang lebih mendukung. Mohon maaf, beberapa orang memberikan klaim kegagalan download hanya karena divais (device) yang digunakan memang tidak friendly dengan download di web, termasuk beberapa di antaranya: menggunakan browser Opera di HP / smartphone, dst.

          Mohon maaf, pada saat ini, bahkan pada saat kami ujicobakan dengan smartphone Android, dan download berjalan dengan sangat lancar.
          Screenshot: Data uji download berhasil di Android pada 17 November 2014, pukul 08:14 WIB)

          Terima kasih telah melayangkan komentar kepada Radio Rodja.
          Berbagai perihal teknis dst silakan untuk bisa tetap disampaikan, baik via komentar di web ini, media sosial, hingga email: info@radiorodja.com.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

70 − 65 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.