Masjid Al-Barkah

Al-Kabaair

Dosa Besar Keenam Belas dan Ketujuh Belas: Persaksian Palsu dan Homoseksual – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 6:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 10 Mei 2022 pukul 1:17 pm

Tautan: https://rodja.id/3gd

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Firanda Andirja, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 7 Shafar 1436 / 30 November 2014. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Kelima Belas (Sombong, Bagian ke-2)“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Keenam Belas dan Ketujuh Belas (Persaksian Palsu dan Homoseksual)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Keenam Belas dan Ketujuh Belas

Dosa Besar Keenam Belas:Persaksian Palsu

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَالَّذِينَ لَا يَشْهَدُونَ الزُّورَ

“Dan orang-orang yang tidak memberikan persaksian palsu.” (QS Al-Furqan [25]: 72)

Dalam sebuah atsar dijelaskan bahwa dosa persaksian palsu dua kali lipat dari kesyirikian kepada Allah. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَاجْتَنِبُوا قَوْلَ الزُّورِ

Baca Juga:
Tetangga yang Paling Baik, Tetangga yang Baik, Tetangga yang Buruk, Larangan Mengganggu Tetangga, dan Larangan Menghina Pemberian Tetangga - Hadits 115-123 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

“Dan jauhilah perkataan-perkataan dusta.” (QS Al-Hajj [22]: 30)

Dosa Besar Ketujuh Belas:Homoseksual

Allah Ta’ala menceritakan dalam kitabNya yang mulia kisah Nabi Luth melalui banyak ayat, di antaranya firman Allah Ta’ala:

فَلَمَّا جَاء أَمْرُنَا جَعَلْنَا عَالِيَهَا سَافِلَهَا وَأَمْطَرْنَا عَلَيْهَا حِجَارَةً مِّن سِجِّيلٍ مَّنضُودٍ

“Maka tatkala datang azab Kami, Kami jadikan negeri kaum Luth itu yang di atas ke bawah (Kami balikkan), dan Kami hujani mereka dengan batu dari tanah yang terbakar dengan bertubi-tubi.” (QS Hud [11]: 82)

Para ulama telah sepakat bahwa homoseksual termasuk dosa besar yang diharamkan oleh Allah Ta’ala sebagaimana firmanNya:

أَتَأْتُونَ الذُّكْرَانَ مِنَ الْعَالَمِينَ، وَتَذَرُونَ مَا خَلَقَ لَكُمْ رَبُّكُمْ مِنْ أَزْوَاجِكُم بَلْ أَنتُمْ قَوْمٌ عَادُونَ

“Mengapa kamu mendatangi jenis lelaki di antara manusia. Dan kamu tinggalkan isteri-isteri yang dijadikan oleh Tuhanmu untukmu, bahkan kamu adalah orang-orang yang melampaui batas”. (QS Asy-Syu’ara [26]: 165-166)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Keenam Belas dan Ketujuh Belas (Persaksian Palsu dan Homoseksual)

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.