Telegram Rodja Official

Fiqhul Akhlaaq

Bolehnya Menyebut Kebaikan Diri Sendiri untuk Menepis Tuduhan – Kitab Fiqhul Akhlaq (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Berikut ini merupakan kelanjutan dari pembahasan Kitab Fiqhul Akhlaq (فقه الأخلاق) karya Syaikh Mushtafa Al-‘Adawi rahimahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Badrusalam telah menjelaskan tentang Pentingnya Sifat Tawadhu’. Dan pada pertemuan kali ini, beliau akan menyampaikan tentang “Bolehnya Menyebut Kebaikan Diri Sendiri untuk Menepis Tuduhan“. Kajian ini disampaikan pada Rabu pagi, 9 Rabiul Awwal 1436 / 31 Desember 2014, pukul 05:30 – 07:00 WIB. Semoga bermanfaat

Ringkasan Ceramah Agama Islam – Kajian Kitab Fiqhul Akhlaq: Bolehnya Menyebut Kebaikan Diri Sendiri untuk Menepis Tuduhan

Pada dasarnya, seorang muslim itu tidak boleh mentazkiyah atau memuji-muji dan menyebut-nyebut kebaikan dirinya sendiri di hadapan orang lain. Namun, hal tersebut dibolehkan pada saat dibutuhkan. Misalnya apabila ada tuduhan yang ditujukan kepadanya, yang mana tuduhan tersebut tidak benar dan menyebabkan orang lain berburuk sangka kepadanya. Maka pada kondisi seperti ini menyebutkan kebaikan diri sendiri diperbolehkan.

Dahulu sahabat Utsman bin Affan radhiyallahu ‘anhu pernah dituduh dengan tuduhan yang bermacam-macam. Maka beliau menyebut-nyebutkan beberapa kebaikan yang pernah beliau lakukan dengan tujuan untuk menepis tuduhan yang beredar di masyarakat mengenai beliau.

Baca Juga:
Sebab-Sebab Yang Mendatangkan Keringanan dalam Syariat

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Simak penjelasan selengkapnya dari pembahasan fikih akhlak oleh Ustadz Badrusalam, Lc. dari bahasan kitab Fiqhul Akhlaq, dengan cara download ceramah agama ini, atau dengarkan langsung dari player yang tersedia. Semoga bermanfaat.

Dengarkan dan Download Ceramah Agama: Bolehnya Menyebut Kebaikan Diri Sendiri untuk Menepis Tuduhan

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.