Rodja Peduli

Al-Kabaair

Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima: Khianat dan Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 6:20 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 07 Januari 2016 pukul 2:25 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=10766

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Musyafa Ad-Dariny, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 14 Rabiul Awwal 1436 / 5 Januari 2015. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Puluh Satu hingga Ketiga Puluh Tiga“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima (Khianat dan Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima

Dosa Besar Ketiga Puluh Empat: Khianat

Allah Ta’ala berfirman:

لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui.” (QS Al-Anfal [8]: 27)

Baca Juga:
Ensiklopedi Larangan dalam Islam: Belajar Agama dengan Tujuan Mendapatkan Bagian dari Dunia dan Menyimpan Ilmu, Bagian ke-6 - TPP: Larangan bagi Penuntut Ilmu (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

Allah Ta’ala berfirman:

وَأَنَّ اللّهَ لاَ يَهْدِي كَيْدَ الْخَائِنِينَ

“Dan bahwasanya Allah tidak meridhai tipu daya orang-orang yang berkhianat.” (QS Yusuf [12]: 52)

Dosa Besar Ketiga Puluh Lima: Khianat dan Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia dan Menyembunyikan Ilmu

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّمَا يَخْشَى اللَّهَ مِنْ عِبَادِهِ الْعُلَمَاء

“Sesungguhnya yang takut kepada Allah di antara hamba-hamba-Nya, hanyalah ulama.” (QS Fathir [35]: 28)

Allah Ta’ala berfirman:

إِنَّ الَّذِينَ يَكْتُمُونَ مَا أَنزَلْنَا مِنَ الْبَيِّنَاتِ وَالْهُدَى مِن بَعْدِ مَا بَيَّنَّاهُ لِلنَّاسِ فِي الْكِتَابِ أُولَـئِكَ يَلعَنُهُمُ اللّهُ وَيَلْعَنُهُمُ اللَّاعِنُونَ

“Sesungguhnya orang-orang yang menyembunyikan apa yang telah Kami turunkan berupa keterangan-keterangan (yang jelas) dan petunjuk, setelah Kami menerangkannya kepada manusia dalam Al Kitab, mereka itu dila’nati Allah dan dila’nati (pula) oleh semua (mahluk) yang dapat melaknati.” (QS Al-Baqarah [2]: 159)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya:
“Barangsiapa yang menuntut ilmu yang sebenarnya mengharapkan wajah Allah tetapi ternyata ia mempelajarinya untuk mendapatkan kenikmatan dunia, maka ia tidak akan bisa mencium harumnya surga di hari kiamat kelak.” (HR Abu Dawud dengan sanad yang shahih)

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Baca Juga:
Penjelasan Lengkap Ibadah Menyembelih - Kitab Al-Ushul Ats-Tsalatsah (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdurrazzaq Al-Badr)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.