Telegram Rodja Official

Al-Kabaair

Dosa Besar Ketiga Puluh Lima dan Ketiga Puluh Enam: Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu dan Mengungkit-ungkit Kebaikan – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  | 

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Musyafa Ad-Dariny, M.A.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Ahad sore, 20 Rabiul Awwal 1436 / 11 Januari 2014. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Puluh Empat dan Ketiga Puluh Lima“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Ketiga Puluh Lima dan Ketiga Puluh Enam (Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu dan Mengungkit-ungkit Kebaikan)“. Semoga bermanfaat.

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Ketiga Puluh Lima dan Ketiga Puluh Enam

Dosa Besar Ketiga Puluh Lima: Belajar Ilmu Agama dengan Tujuan Dunia serta Menyembunyikan Ilmu

Dari Yahya bin Ayyub dari Ibnu Juraij dari Abu Az-Zubair dari Jabir secara marfu’, ia berkata (yang artinya):
“Janganlah kalian menuntut ilmu untuk membanggakan diri di hadapan para ulama atau untuk mendebat orang-orang yang bodoh. Janganlah karenanya kalian membuat kelompok-kelompok di dalam sebuah majelis. Barangsiapa yang melakukan hal tersebut, maka nerakalah, nerakalah.” (HR ibnu Wahb dari Ibnu Juraij meriwayatkannya secara mursal)

Baca Juga:
Buah Ilmu (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Dosa Besar Ketiga Puluh Enam: Mengungkit-ungkit Kebaikan

Allah Ta’ala berfirman:

لاَ تُبْطِلُواْ صَدَقَاتِكُم بِالْمَنِّ وَالأذَى

“Janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima).” (QS Al-Baqarah [2]: 264)

Di dalam hadits shahih disebutkan bahwa, “Ada tiga golongan manusia yang tidak akan diajak bicara oleh Allah di hari kiamat kelak, tidak akan diperhatikan, dan tidak akan disucikan dosa-dosa mereka, dan mereka akan menerima adzab yang pedih. Yaitu orang yang memanjangkan pakaiannya melebihi mata kakim orang yang selalu mengungkit-ungkit kebaikannya dan orang yang melariskan barang dagangannya dengan sumpah palsu.”

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Ketiga Puluh Lima dan Ketiga Puluh Enam

Mari sebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.