Masjid Al-Barkah

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Keutamaan Kota Madinah, Keutamaan Masjid Nabawi, serta Upaya Kaum Musyrikin Mekkah dan Madinah dalam Menghambat Dakwah Rasulullah – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Mei 2017 pukul 4:38 pm

Tautan: http://rodja.id/19u

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Kisah Nabi Muhammad yang dikemas dalam sebuah ceramah agama Islam oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A. yang disampaikan live pada Jumat pagi, 18 Rabi’ul Awwal 1436 / 9 Januari 2015. Ceramah dari Sirah Nabawiyah yang lalu telah mengisahkan tentang Bagaimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam Melakukan Perjanjian. Pada kisah kali ini, kita akan menyimak tentang Keutamaan Kota Madinah, Keutamaan Masjid Nabawi, serta Upaya Kaum Musyrikin Mekkah dan Madinah dalam Menghambat Dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam. Ceramah seri kisah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam ini merupakan program Faedah-Faedah Sirah Nabawiyah yang ditayangkan oleh Radio Rodja.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Keutamaan Kota Madinah

Kota Madinah adalah kota yang sangat mulia, di mana telah kita sebutkan sebagian dari keutamaannya pada pelajaran yang lalu, di antaranya adalah pertama, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menamakan Kota Madinah yaitu dengan Thobah, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Jabir bin Samurah radhiyallahu ‘anhu, bahwa dia mendengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

أن الله سمى المدينة طابة

“Sesungguhnya Allah Ta’ala menamakan Madinah dengan Thabah.”

Dari nama ini menunjukkan betapa Madinah itu adalah kota yang baik, tempat yang makmur, sejahtera, aman, dan tenteram. Sebelumnya, telah kita jelaskan juga bahwa pentingnya memberi nama bagi suatu daerah, di mana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bukan hanya mengubah nama-nama sahabat yang kurang bagus maknanya, tapi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memperbaiki nama-nama kota, di antaranya di sini adalah Kota Madinah yang diubah namanya, yang asalnya adalah Yatsrib yang mengandung arti yang kurang bagus, Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam mengganti nama kota tersebut dengan nama Thabah (ath-thayyibah).

Baca Juga:
Indahnya Tanah Suci (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Dst.

Keutamaan Masjid Nabawi

[17:42]
Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam menyebutkan dalam haditsnya dalam Shahih Bukhari dan Muslim:

صلاة في مسجدي هذا خير من ألف صلاة فيما سواه إلا المسجد الحرام

Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih baik dari 1.000 kali shalat di masjid lain, kecuali Masjidil Haram.”

Ini yang menunjukkan (pula), bahwa Masjidil Haram lebih afdhal (utama) daripada Masjid Nabawi.

Yang disebut Kota Suci atau Kota yang Diharamkan adalah 2 kota saja, yaitu Mekkah dan Madinah.

Dst.

Upaya Kaum Musyrikin Mekkah dan Madinah dalam Menghambat Dakwah Rasulullah

[26:42]
Musuh-musuh Islam, orang-orang kafir Mekkah, demikian pula kaum munafiqin dan orang Yahudi penduduk Madinah, tentu mereka bermain cantik di balik layar untuk menghambat dakwah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Di antara hal yang mereka lakukan di sini adalah orang musyrikin dari Kota Mekkah mengirim surat ke Kota Madinah, (yaitu) kepada ‘Abdullah bin Ubai bin Salul. Dan mereka semakin gemas, semakin marah, dan semakin membenci kaum Muslimin ketika kaum Muslimin mendapatkan tempat yang aman dan tenteram, serta memiliki kekuasaan sendiri. Tentu orang kafir Quraisy akan berusaha untuk mengacaukannya dan berusaha untuk mengganggu kaum Muslimin, maka mereka menulis surat kepada ‘Abdullah bin Ubai bin Salul, yang ketika itu ia masih musyrik.

Dst.

Mari simak pembahasan ceramah agama Islam tentang sejarah Nabi Muhammad, yang pada kesempatan ini kita dapat mendalami tentang keutamaan Madinah, keutamaan Masjid Nabawi di Madinah, dan upaya kaum musyrikin Mekkah dan Madinah yang bekerja sama dalam menghambat dakwah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Keutamaan Kota Madinah, Keutamaan Masjid Nabawi, serta Upaya Kaum Musyrikin Mekkah dan Madinah dalam Menghambat Dakwah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam

Baca Juga:
Biografi Singkat Ibnu Khuzaimah

Silakan share ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bermanfaat.

1 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.