Masjid Al-Barkah

Faedah-faedah Sirah Nabawiyah

Allah Mengizinkan Rasulullah dan Para Sahabat untuk Berjihad serta Bagaimana Jihad yang Benar dalam Islam – Faedah Sirah Nabawiyah (Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.)

By  |  pukul 9:40 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 05 Mei 2017 pukul 4:38 pm

Tautan: http://rodja.id/19t

Ceramah agama sirah nabawiyah dan faedah-faedahnya oleh: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A.

Sebuah ceramah agama dari kisah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam yang diambil faedah-faedah darinya dan dikemas dalam sebuah program Faedah-Faedah Sirah Nabawiyah yang rutin terselenggara di Radio Rodja. Ceramah sirah nabawiyah ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Ali Musri, M.A., di mana pada kesempatan sebelumnya telah membahas tentang Keutamaan Kota Madinah, Keutamaan Masjid Nabawi, serta Upaya Kaum Musyrikin Mekkah dan Madinah dalam Menghambat Dakwah Rasulullah, maka pada kesempatan kali ini akan melanjutkan kepada pembahasan “Allah Mengizinkan Rasulullah dan Para Sahabat untuk Berjihad serta Bagaimana Jihad yang Benar dalam Islam“. Rekaman ini diambil dari siaran live Radio Rodja pada Jumat pagi, 2 Rabi’uts Tsani 1436 / 23 Januari 2015.

[sc:status-faedah-sirah-nabawiyah-ustadz-ali-musri-semjan-putra-2013]

Ringkasan Ceramah Agama: Faedah Sirah Nabawiyah

Allah Mengizinkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum untuk Berjihad serta Bagaimana Jihad yang Benar dalam Islam

Ancaman-ancaman yang diberikan oleh kafir Quraisy bukan hanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, tetapi juga kepada kaum Muslimin yang lainnya, sebagaimana yang diriwayatkan oleh Ubai bin Ka’ab.

Ubai bin Ka’ab menceritakan tatkala Rasulullah shallalahu ‘alaihi wasallam dan para sahabatnya tinggal di Madinah dan mereka diterima oleh kaum Anshar, orang-orang kafir Arab bersatu untuk memusuhi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sehingga kaum Muslimin selalu menyiapkan senjata jika tiba-tiba mereka diserang oleh orang kafir Quraisy di Madinah.

Baca Juga:
Pembiasaan Pada Anak

Dalam sepanjang kondisi ini, barulah setelah itu Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan ayat, yaitu ayat yang pertama turun dalam peristiwa jihad, yaitu diberikan izin oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk membela diri dengan jihad. Allah Subhanahu wa Ta’ala turunkan dalam firmanNya yang berbunyi:

أُذِنَ لِلَّذِينَ يُقَاتَلُونَ بِأَنَّهُمْ ظُلِمُوا وَإِنَّ اللَّهَ عَلَى نَصْرِهِمْ لَقَدِيرٌ (الحج: ٣٩)

“Telah diizinkan (berperang) bagi orang-orang yang diperangi, karena sesungguhnya mereka telah dianiaya. Dan sesungguhnya Allah, benar-benar Maha Kuasa menolong mereka itu,” (QS Al-Hajj [22]: 39)

Dst.

Pelajaran-pelajaran dari sejarah Nabi Muhammad adalah begitu banyak. Dari secuplik kisahnya dapat kita petik banyak faedah darinya. Mari simak dan download ceramah agama Islam tentang diizinkannya Rasululah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum untuk berjihad (berperang), di mana pelajaran besar darinya yaitu tentang bagaimana jihad dalam Islam yang benar, bukan klaim-klaim jihad yang sering kali dikoar-koarkan oleh gerakan-gerakan sempalan dari umat Islam.

Download Ceramah Faedah Sirah Nabawiyah: Ustadz Dr. Ali Musri Semjan Putra, M.A. – Allah Mengizinkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dan Para Sahabat Radhiyallahu ‘anhum untuk Berjihad serta Bagaimana Jihad yang Benar dalam Islam

Share yuk kisah sejarah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beserta segenap para sahabatnya ridwanallahu ‘alaihim ajma’in.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.