Rodja Peduli

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dihias (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:20 am

Terakhir diperbaharui: Selasa, 30 Agustus 2016 pukul 4:50 pm

Tautan: http://rodja.id/7r

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ceramah agama berikut ini merupakan ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 26 Rabiul Awwal 1436 / 17 Januari 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan kajian dengan pembahasan tentang Adab dan Etika dalam Memakaikan Pakaian kepada Anak, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dihias“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. – Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dihias dari Seri Fiqih Keluarga

Ringkasan Kajian Fiqih Keluarga

Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dihias

Salah satu hal yang dibahas di buku-buku fiqih berkaitan dengan bayi adalah mencukur rambut bayi atau menggundulnya. Para orang tua biasanya mencukur rambut bayi pada hari ketujuh dari hari kelahirannya. Dan para ulama menyatakan bahwa hal ini hukumnya sunnah.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كل غلام رهينة بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه، ويحلق ويسمى

“Setiap anak itu tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelih sembelihan darinya pada hari ketujuh, dicukur rambutnya, dan diberi nama.” (Hadits shahih riwayat At-Tirmidzi)

Salah satu hal yang dianjurkan juga bagi para orang tua adalah memotong kuku-kuku bayi, dan ini juga merupakan bentuk perhatian Islam terhadap kebersihan dan kesehatan. Bagian tubuh yang lain yang boleh dihias adalah telinga, hal ini dikhususkan bagi bayi perempuan. Bayi perempuan dibolehkan untuk ditindik telinganya, sedangkan bayi laki-laki tidak diperbolehkan. Wallahu a’lam

Bagaimana penjelasan tentang hal ini? Simak penjelasan selengkapnya mengenai masalah ini, dengan mendownload ceramah agama dari seri fiqih keluarga ini.

Baca Juga:
Tanya-Jawab: Idul Adha: Apakah bisa kerbau jadi hewan qurban? Dan apa lafadz doa menyembelih qurban?

Download Kajian Fiqih Keluarga: Bagian Tubuh Bayi yang Boleh Dihias

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.