Telegram Rodja Official

Tabshiiratul Anaam bil Huquuqi fil Islaam

Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya – Bagian ke-2 – Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Kajian Islam oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman kajian kitab “Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam” atau “Hak-Hak di Dalam Islam” karya Syaikh Shalih bin Thaha Abdul Wahid hafidzahullah, yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi, Lc.. Kajian ini di sampaikan di Masjid Al-Barkah, komplek Studio Radio Rodja dan RodjaTV, pada Senin, 28 Rabiul Awwal 1436 / 19 Januari 2015. Pada kajian sebelumnya beliau menyampaikan kajian dengan judul “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-1)“, dan kali ini beliau membawakan kajian yang sangat penting, yaitu tentang “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-2)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-2)”

Berbakti kepada kedua orang tua merupakan suatu kewajiban bagi setiap orang, baik mereka masih hidup maupun sudah meninggal. Allah Ta’ala berfirman:

وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَاناً إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِندَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلاَهُمَا فَلاَ تَقُل لَّهُمَا أُفٍّ وَلاَ تَنْهَرْهُمَا وَقُل لَّهُمَا قَوْلاً كَرِيماً، وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيراً

Baca Juga:
Buah dari Kejujuran - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang muli. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”.” (QS Al-Isra [17]: 23-24)

Berbakti kepada orang tua saat mereka masih hidup adalah dengan menaatinya dalam perkara-perkara ma’ruf dan kebaikan. Selama bukan dalam masalah maksiat kepada Allah, maka sebagai anak wajib menaati perintah kedua orang tuanya. Lalu bagaimana cara berbakti kepada orang tua ketika mereka sudah meninggal?

Silakan simak penjelasan lengkap dari pembahasan ini dengan mendownload rekaman kajian ini atau mendengarkannya langsung melalui tombol player di bawah ini.

Download Kajian Kitab Tabshiratul Anam bil Huquqi fil Islam: “Hak-Hak Orang Tua yang Harus Ditunaikan oleh Anak-Anaknya (Bagian ke-2)”

Mari raih pahala dan kebaikan dengan membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Tukarlah Dunia dengan Kemuliaan Akhirat - Bagian ke-1 - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.