Telegram Rodja Official

Aqiidatu As-Salaf Ashaabul Hadiits

Prinsip Aqidah Ahlussunnah dalam Beriman kepada Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Ta’ala – Bagian ke-2 – Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  | 

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian yang membahas masalah aqidah yang sangat penting. Pengajian ini dikaji oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits, karya seorang ulama besar mazhab Syafi’i yang bernama Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah. Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 8 JUmadal Ula 1436 / 27 Februari. Pada pengajian sebelumnya, beliau telah membahas Prinsip Aqidah Ahlussunnah dalam Beriman kepada Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Ta’ala (Bagian ke-1) dari kitab tersebut, dan pada pertemuan kali ini, Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan akan menjelaskan tentang “Prinsip Aqidah Ahlussunnah dalam Beriman kepada Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Ta’ala (Bagian ke-2)” dari kitab ini. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث

Prinsip Aqidah Ahlussunnah dalam Beriman kepada Nama-Nama dan Sifat-Sifat Allah Ta’ala (Bagian ke-2)

Pendapat para ulama ahlussunnah wal jama’ah dalam mengimani nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala adalah menerima seluruh hadits-hadits shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang di dalamnya menyebutkan nama-nama dan sifat-sifat Allah Ta’ala. Mereka menerimanya dengan pemahaman yang benar, dan hal ini juga diucapkan oleh Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah, yang mana beliau berkata:

Baca Juga:
Bab Menghormati Nama-Nama Allah Ta'ala - Bagian ke-1 - Kitab Al-Qaulul Mufid (Ustadz Abu Haidar As-Sundawy)

ولا يعتقدون تشبيها لصفاته بصفات خلقه

“Dan kami tidak meyakini adanya penyerupaan sifa-sifat Allah dengan sifat-sifat makhluk.”

Beliau juga menjelaskan salah satu contoh yang diimani oleh ahlussunnah wal jamaah, yaitu bahwa Allah Ta’ala menciptakan Adam dengan kedua tanganNya. Sebagaimana yang telah dinyatakan oleh Allah Ta’ala dalam firmanNya:

قَالَ يَا إِبْلِيسُ مَا مَنَعَكَ أَن تَسْجُدَ لِمَا خَلَقْتُ بِيَدَيَّ أَسْتَكْبَرْتَ أَمْ كُنتَ مِنَ الْعَالِينَ

“Allah berfirman: “Hai iblis, apakah yang menghalangi kamu sujud kepada yang telah Ku-ciptakan dengan kedua tangan-Ku. Apakah kamu menyombongkan diri ataukah kamu (merasa) termasuk orang-orang yang (lebih) tinggi?”.” (QS Shad [38]: 75)

Bagaimana penjelasan dari perkataan Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah tersebut? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nur Ihsan di dalam rekaman pengajian yang penting ini. Download pengajian tersebut dan simak pula tanya jawab seputar aqidah yang dijawab langsung oleh pemateri.

Dengarkan dan Download Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.