Rodja Peduli

Al-Kabaair

Dosa Besar Keenam Puluh Dua dan Keenam Puluh Tiga: Mengakui Orang Lain sebagai Bapak dan Thiyarah – Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

By  |  pukul 7:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 11 Maret 2015 pukul 4:36 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=12058

Ceramah agama dan kajian Islam dengan pembahasan kitab Al-Kabair oleh: Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-‘Abbad Al-Badr
Penerjemah: Ustadz Muhammad Nuzul Dzikry, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman lanjutan kajian kitab Al-Kabair yang disampaikan oleh Syaikh ‘Abdur Razzaq bin ‘Abdil Muhsin Al-Badr hafidzahumallah, yang disampaikan pada Senin sore, 18 Jumadal Ula 1436 / 9 Maret 2015. Pada pertemuan sebelumnya, Syaikh menjelaskan tentang “Dosa Besar Kelima Puluh Sembilan hingga Keenam Puluh Satu“, dan pada kajian kali ini beliau akan menjelaskan tentang “Dosa Besar Keenam Puluh Dua dan Keenam Puluh Tiga (Mengakui Orang Lain sebagai Bapak dan Thiyarah)“. Semoga bermanfaat.

NB: Mohon maaf, kualitas rekaman audio pada kajian ini kurang begitu bagus

Pembahasan dalam Rekaman Kajian Kitab Al-Kabair Ini: Dosa Besar Keenam Puluh Dua dan Keenam Puluh Tiga

Dosa Besar Keenam Puluh Dua: Mengakui Orang Lain sebagai Bapak

Dari Sa’ad radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Baca Juga:
Perkara-Perkara yang Diperkirakan Termasuk Dosa Besar - Bagian ke-2 - Kitab Al-Kabair (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

مَنْ ادَّعَى إِلَى غَيْرِ أَبِيهِ وَهُوَ يَعْلَمُ أَنَّهُ غَيْرُ أَبِيهِ فَالْجَنَّةُ عَلَيْهِ حَرَامٌ

“Barangsiapa mengakui orang lain sebagai bapaknya padahal ia tahu bahwa orang tersebut bukan bapaknya, maka surga diharamkan baginya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Dosa Besar Keenam Puluh Tiga: Thiyarah (Menganggap Sial)

Thiyarah atau menganggap sial bisa termasuk dosa besar. Dari Salamah bin Kuhail dari Isa bin Ashim dari Zir dari Abdullah bin Mas’ud ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الطِّيَرَةُ مِنَ الشِّرْكِ، وَمَا مِنَّا إِلَّا وَلَكِنَّ اللَّهَ يُذْهِبُهُ بِالتَّوَكُّلِ

“Thiyarah termasuk syirik. Tidak ada seorang pun di antara kami melainkan pernah terlintas di dalam pikirannya (mengarah kepada thiyarah). Akan tetapi Allah emnghilangkan dengan sikap tawakal.” (Hadits ini dishahihkan oleh At-Tirmidzi.) Sulaiman bin Harb berkata, “Tidak ada seorang pun di antara kami…” adalah perkataan Ibnu Mas’ud.

Dengarkan dan Download Seri Kajian Kitab Al-Kabair – Syaikh ‘Abdur Razzaq: Dosa Besar Keenam Puluh Dua dan Keenam Puluh Tiga

Jangan lupa untuk turut menyebarkan kebaikan dengan membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+ kita. Semoga Allah Ta’ala membalas kebaikan kita semua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × = 5

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.