Telegram Rodja Official

Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Sarana Memiliki Hukum Sama dengan Tujuannya – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  | 

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 21 Jumadal Ula 1436 / 12 Maret 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan bagian ke-2 dari kaidah fiqih “Allah tidak Menerima Amalan kecuali yang Didasari Ikhlas dan Mutaba’ah” dari buku tersebut, dan pada pertemua kali ini, beliau menyampaikan tentang Kaidah Fiqih “Sarana Memiliki Hukum Sama dengan Tujuannya“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Sarana Memiliki Hukum Sama dengan Tujuannya

Pada kajian kali ini, akan dibahas sebuah kaidah yang sangat penting yang berbunyi:

الْوَسَائِلُ لَهَا أَحْكَامُ الْمَقَاصِدِ

(Al-Wasaailu Lahaa Ahkaamul Maqaasidi)
“Sarana-sarana itu memiliki hukum yang sama dengan tujuannya.”

Syaikh As-Sa’di rahimahullah menjelaskan bahwa kaidah ini merupakan kaidah yang paling bermanfaat, paling agung, dan paling banyak faidahnya. Bisa jadi kaidah ini masuk ke dalamnya seperempat dari agama kita.

Baca Juga:
Penyakit Riya' - Bagian ke-3 - Kitab Bahrur Raiq (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

Di antara dalil yang melandasi kaidah ini adalah firman Allah Ta’ala:

تِلْكَ حُدُودُ اللّهِ فَلاَ تَقْرَبُوهَا

“Itulah larangan-larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya.” (QS Al-Baqarah [2]: 187)

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah menjelaskan bahwa:

“Sesungguhnya dilarang untuk mendekati sesuatu yang diharamkan dan dilarang oleh Allah sehingga kita akhirnya bisa menjauhi sesuatu yang haram dan sarana-sarana yang diharamkan. Karena sarana-sarana itu memiliki hukum yang sama dengan tujuannya. Betapa banyak orang yang mendekati sesuatu yang haram dan akhirnya dia terjatuh ke dalamnya. Oleh karena itu Allah Ta’ala berfirman: “Janganlah kamu mendekatinya.”

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan niat di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Sarana Memiliki Hukum Sama dengan Tujuannya

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.