Telegram Rodja Official

Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi – Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

By  |  pukul 4:10 pm

Terakhir diperbaharui: Rabu, 07 Jumadil akhir 1437 / 16 Maret 2016 pukul 10:40 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=12207

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary ini merupakan hasil rekaman pada Senin, 25 Jumadal Ula 1436 / 16 Maret 2015. Ceramah agama ini berkaitan dengan seri pembahasan Aktualisasi Akhlak Muslim, yang sangat penting untuk diketahui oleh setiap muslim. Pada pertemuan sebelumnya beliau telah menjelaskan tentang Pesan Rasulullah tentang Keadilan dan Perintah untuk Menjauhi Kezaliman, dan kali ini beliau akan membawakan kajian dengan tema “Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi“.

Rekaman video: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A. – Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi dari Buku Aktualisasi Akhlak Muslim

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia: Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi

Menegakkan keadilan berarti menjauhi kezaliman dengan sejauh-jauhnya. Kezaliman itu sendiri merupakan rangkaian kegelapan yang akan menggelapkan kehidupan dunia dan akhirat. Karenanya, berhentilah dari segala bentuk kezaliman.

Baca Juga:  Larangan Berburuk Sangka kepada Allah dan Larangan Mengingkari Takdir - Kitab Tauhid (Syaikh Prof. Dr. ‘Abdur Razzaq Al-Badr)

Dalam hadits qudsi, Allah Ta’ala berfirman:

يَا عِبَادِي إِنِّي حَرَّمْتُ الظُّلْمَ عَلَى نَفْسِي وَجَعَلْتُهُ بَيْنَكُمْ مُحَرَّمًا فَلَا تَظَالَمُوا

“Wahai hambaKu, sesungguhnya Aku haramkan perbuatan zalim atas diriKu dan Aku haramkan kezaliman di antara kalian. Maka itu, janganlah kalian saling menzalimi.”

Kezaliman akan menimbulkan kegelapan dalam hati. Jika hati telah gelap, ia bimbang dan dihantui rasa sempit. Akibatnya hidayah dan penglihatan batin memudar, lalu berakhir dengan kerusakan.

Setiap kali terdorong untuk menzalimi orang lain, ingatlah selalu bahwa Allah lah yang membela orang itu. Takutlah akan doanya, karena melalui doa tersebut Allah akan menolongnya. Sungguh, tidak ada satu penghalang pun bagi terkabulnya doa orang yang terzalimi.

Baca Juga:  Menegakkan Keadilan Karena Allah Subhanahu wa Ta'ala

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

واتق دعوة المظلوم، فإنه ليس بينه وبين الله حجاب

“Dan takutlah akan doa orang yang terzalimi, karena tidak ada satu penghalang pun di antara doanya dan Allah.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai sifat adil dan kezaliman ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama “Akhlak Muslim kepada Sesama Manusia”: Jauhilah Kezaliman dan Takutlah akan Doa Orang yang Terzalimi

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:  Semangat Beribadah hingga Akhir Ramadan - Khutbah Jumat (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.