Telegram Rodja Official

At-Tafsiir Al-Muyassar

Tafsir Surat Al-Insyirah (Bagian ke-2) dan Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-1) – Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam tentang tafsir Al-Qur’an Al-Karim oleh: Al-Ustadz Badrusalam, Lc.

Ceramah agama dari Tafsir Juz ‘Amma bersama Ustadz Badrusalam ini adalah yang tayang live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Selasa ba’da Maghrib (waktu Jakarta), 9 Rajab 1436 / 28 April 2015. Kajian tafsir pada pertemuan sebelumnya telah membahas tentang Tafsir Surat At-Tin dan Surat Al-Insyirah (Bagian ke-1), sehingga pada kajian kali ini, kita berlanjut kepada pembahasan “Tafsir Surat Al-Insyirah (Bagian ke-2) dan Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-1)“.

NB: Mohon maaf, pada ceramah ini memang tidak ada sesi tanya-jawab.

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Tafsir Surat Al-Insyirah (Bagian ke-2) dan Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-1) dari Kitab Tafsir Al-Muyassar

Program Kajian Kitab Tafsir Al-Muyassar - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:
PINDAH JAM TAYANG KE:

Selasa malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)

Baca Juga:
Bagaimana Kiat Meraih Cinta Allah 'Azza wa Jalla


Status program Kajian Kitab Tafsir Al-Muyassar: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Al-Qur’an Al-Karim, Surat Al-Insyirah (94) dan Surat Adh-Dhuha (93)

Berikut kami tampilkan 2 surat yang dibahas dalam kajian Tafsir Al-Quran pada kesempatan ini, yaitu Surat Al-Insyirah (atau dikenal juga Surat Alam Nasyrah / Surat Asy-Syarh) dan Surat Adh-Dhuha.

Surat Al-Insyirah (94): 1-8

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (١) وَوَضَعْنَا عَنكَ وِزْرَكَ (٢) الَّذِي أَنقَضَ ظَهْرَكَ (٣) وَرَفَعْنَا لَكَ ذِكْرَكَ (٤) فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً (٥) إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْراً (٦) فَإِذَا فَرَغْتَ فَانصَبْ (٧) وَإِلَى رَبِّكَ فَارْغَبْ (٨)

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?(1) dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu,(2) yang memberatkan punggungmu?(3) Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu,(4) Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,(5) sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.(6) Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain,(7) dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.(8)”

Pembahasan Tafsir Surat Adh-Dhuha dimulai dari menit dan detik ke-38:28.

Surat Adh-Dhuha (93): 1-11

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

وَالضُّحَى (١) وَاللَّيْلِ إِذَا سَجَى (٢) مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلَى (٣) …

“Demi waktu matahari sepenggalahan naik,(1) dan demi malam apabila telah sunyi (gelap),(2) Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula) benci kepadamu.(3) …”

Baca Juga:
Hak-Hak Allah Arrahman Adalah Tujuan - Kitab Al-Ishbah (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tafsir Surat Al-Insyirah (Bagian ke-2) dan Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-1)

Tafsir Surat Al-Insyirah

Allah Ta’ala berfirman:

أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ صَدْرَكَ (الشرح: ١)

“Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?” (QS Al-Insyirah [94]: 1)

Ini hakikatnya, Allah mengingatkan kenikmatan yang Allah berikan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Di antara nikmat yang terbesar yang Allah berikan kepada seorang hamba, yaitu dada kita lapang, hati kita itu legowo, kata orang Jawa, (yakni) hati kita itu tenteram. Ini kenikmatan yang luar biasa.

Manusia banyak mencari kebahagiaan-ketenteraman, tapi ternyata dengan hal-hal yang malah menyebabkan dada mereka semakin sempit sekali.

Simak apa saja yang membuat hati itu tenang dari pembahasan Tafsir Surat Al-Insyirah, juga pembahasan Tafsir Surat Adh-Dhuha.

Download Kajian Tafsir Al-Qur’an: Tafsir Surat Al-Insyirah (Bagian ke-2) dan Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-1)

Share Tafsir Al-Quran ini ke Facebook, Twitter, dan Google+.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.