Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 27 Rajab 1436 / 16 Mei 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang Amanah dalam Mendidik Anak, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya“. Semoga bermanfaat.

Rekaman video: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc. – Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya dari Seri Fiqih Keluarga

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya

Keshalihan atau kefasikan orang tua sangat berpengaruh terhadap anak-anaknya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

كُلُّ مَوْلُودٍ يُولَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَأَبَوَاهُ يُهَوِّدَانِهِ وَيُنَصِّرَانِهِ وَيُمَجِّسَانِهِ

“Setiap bayi yang lahir itu lahir dalam keadaan fitrah (Islam). Orang tuanya lah yang membuatnya menjadi Yahudi, Nashrani, dan Majusi.”

Dari sini diketahui bahwa pengaruh orang tua sangatlah besar terhadap anak-anaknya. Maka dari itu Islam sangat menganjurkan kepada para umatnya untuk berhati-hati dalam memilih pasangan.

Keshalihan orang tua akan mempengaruhi keshalihan anak-anaknya juga, dan Allah akan merahmati anak-anak yang orang tuanya shalih. Ada kisah di dalam Al-Qur’an yang menggambarkan hal ini. Allah Ta’ala berfirman:

Baca Juga:
Semua Anak Hebat

وَأَمَّا الْجِدَارُ فَكَانَ لِغُلَامَيْنِ يَتِيمَيْنِ فِي الْمَدِينَةِ وَكَانَ تَحْتَهُ كَنزٌ لَّهُمَا وَكَانَ أَبُوهُمَا صَالِحاً فَأَرَادَ رَبُّكَ أَنْ يَبْلُغَا أَشُدَّهُمَا وَيَسْتَخْرِجَا كَنزَهُمَا رَحْمَةً مِّن رَّبِّكَ وَمَا فَعَلْتُهُ عَنْ أَمْرِي ذَلِكَ تَأْوِيلُ مَا لَمْ تَسْطِع عَّلَيْهِ صَبْراً

“Adapun dinding rumah adalah kepunyaan dua orang anak yatim di kota itu, dan di bawahnya ada harta benda simpanan bagi mereka berdua, sedang ayahnya adalah seorang yang saleh, maka Tuhanmu menghendaki agar supaya mereka sampai kepada kedewasaannya dan mengeluarkan simpanannya itu, sebagai rahmat dari Tuhanmu; dan bukanlah aku melakukannya itu menurut kemauanku sendiri. Demikian itu adalah tujuan perbuatan-perbuatan yang kamu tidak dapat sabar terhadapnya”.” (QS Al-Kahfi [18]: 82)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Pengaruh Orang Tua terhadap Pendidikan Anaknya

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.