Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1055-1063 – TPP: Anjuran untuk Tidak Melakukan Dosa, Keutamaan Air Zam-Zam, hingga Keutamaan Berjalan Kaki Menuju Masjid (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah seri pembahasan hadits-hadits shahih yang dikumpulkan dalam sebuah kitab populer berjudul Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Sebelumnya, telah diselesaikan pembahasan dari “Hadits 1048-1054“, maka pada kesempatan ini, kita akan berlanjut kepada “Hadits 1055-1063“. Ceramah ini disampaikan pada Ahad malam, 31 Mei 2015 / 14 Syaban 1436.

TPP: Anjuran untuk Tidak Melakukan Dosa, Keutamaan Air Zam-Zam, hingga Keutamaan Berjalan Kaki Menuju Masjid

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1055-1063 (TPP: Anjuran untuk Tidak Melakukan Dosa, Keutamaan Air Zam-Zam, hingga Keutamaan Berjalan Kaki Menuju Masjid)

[sc:status-silsilah-al-ahadits-ash-shahihah-ustadz-badrusalam-2013]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-1055: Anjuran untuk Tidak Melakukan Dosa

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ما كرهت أن يراه الناس فلا تفعله إذا خلوت

“Apa-apa yang kamu tidak suka untuk dilihat oleh manusia dari perbuatanmu, maka jangan kamu lakukan jika kamu sedang sendirian.” (HR Ibnu Hibban, hadits ini dinilai hasan oleh Al-Albani)

Baca Juga:
Keutamaan Jihad Dalam Islam

Hadits ke-1056: Keutamaan Air Zam-Zam

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

خير ماء على وجه الأرض ماء زمزم، فيه طعام من الطعم و شفاء من السقم، وشر ماء على وجه الأرض ماء بوادي برهوت بقية حضرموت كرجل الجراد من الهوام، يصبح يتدفق و يمسي لا بلال بها

“Sebaik-baiknya air di atas permukaan bumi ini adalah air zam-zam. Ia adalah makanan bagi orang yang lapar dan obat bagi orang yang sakit. Dan seburuk-buruknya air di permukaan bumi ini adalah air yang ada di sebuah lembah yang bernama Barahut di daerah Hadramaut. Ia bagaikan kaki belalang dari binatang. Di waktu pagi ia memancar, dan di waktu sore tidak ada air/basah padanya.”

Hadits ke-1057: Dilarangnya Makar dan Tipu Daya

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

المكر والخديعة في النار

“Makar dan tipu daya tempatnya berada di neraka.”

Hadits ke-1063: Keutamaan Berjalan Kaki Menuju Masjid

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إذا خرج المسلم إلى المسجد كتب الله له بكل خطوة خطاها حسنة ومحى عنه بها سيئة حتى يأتي مقامه

“Apabila seorang muslim keluar menuju masjid, Allah tuliskan untuk setiap langkah kakinya satu kebaikan dan dihilangkan darinya satu keburukan sampai ia mendatangi tempat shalatnya.”

Simak penjelasan dari hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah tersebut, dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Baca Juga:
Larangan Menghina Orang Tua, Hukuman bagi yang Durhaka kepada Orang Tua, Tangisan Orang Tua, dan Doa Orang Tua - Hadits 27-33 - Kitab Adabul Mufrad (Ustadz Dr. Syafiq Riza Basalamah, M.A.)

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-1055 dan ke-1063

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.