Telegram Rodja Official

Dialog Kesehatan Herbal

Manfaat dan Khasiat Labu Kuning / Labu Parang – Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

By  | 

Konsultasi kesehatan herbal oleh: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji

Program Dialog Herbal pekan yang lalu telah menyelesaikan pembahasan tentang Manfaat dan Khasiat Kurma, maka pada kesempatan yang tayang live pada Rabu, 23 Sya’ban 1436 / 10 Juni 2015, kita masih membahas seputar buah yang akrab kita gunakan selama bulan puasa, yaitu labu kuning / labu parang. Mari simak dan download pembahasan konsultasi kesehatan bersama Sinse Abu Muhammad dengan tema “Manfaat dan Khasiat Labu Kuning / Labu Parang“.

Rekaman video: Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji – Manfaat dan Khasiat Labu Kuning / Labu Parang

Program Dialog Kesehatan Herbal - Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Rabu pagi, 10:00-11:30 WIB



Status program Dialog Herbal: AKTIF

Ringkasan Dialog Kesehatan Herbal: Seri Manfaat dan Khasiat Buah-buahan

Manfaat Labu Kuning / Labu Parang

Terkadang kita kedatangan sakit, baik itu kelemahan stamina atau sakit yang menimbulkan terlukanya badan / organ yang kemudian menyebabkan terhalangnya kita untuk beribadah, berpuasa. Maka sedikit banyak kita akan membahas tentang tanaman-tanaman yang diciptakan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk kita. Dan pada kesempatan kali ini, kita hendak membahas dan menguraikan tentang khasiat dan manfaat dari labu parang atau ada yang menyebutnya dengan labu merah, ada yang menyebutnya pula dengan labu kuning, di mana di daerah Melayu pada umumnya menyebutnya dengan labu merah / labu kastela, di Ambon, orang menyebutnya dengan labu ambon, labu merah, dan labu parang, sementara di Jawa ataupun di Sunda, orang menyebutnya dengan nama waluh.

Baca Juga:
Gangguan Pasutri dan Solusinya - Bagian ke-3 - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Labu yang merupakan tanaman semak merambat, yang memiliki batang berkayu, teksturnya lunak, kemudian berbentuk segi lima, berambut dan berbuku-buku ini warnanya hijau muda, di mana daunnya tunggal. Kemudian ujung daunnya runcing, tepi daunnya berombak, pangkalnya membulat berbulu berwarna hijau. Kemudian bunganya tunggal terdapat di ketiak daun, dan mahkota bunganya berbentuk corong bercangap lima dan berbulu-bulu kuning. Dan buahnya bulat, berdaging, warnanya kuning muda, maka dari itu disebut sebagai labu kuning. Kemudian biji labu tersebut keras, pipih, warnanya coklat muda.

Labu parang ini sebenarnya sudah sangat lama dibudidayakan, sekitar 1400-400 tahun sebelum Masehi. Dan labu parang ini diyakini berasal dari kawasan Meksiko Tengah, di mana tanaman ini merupakan tanaman semusim yang menyebar juga sampai ke Amerika bagian Utara dan bagian Selatan. Selanjutnya spesies ini dibawa ke kawasan Eropa, Asia, dan Afrika, barulah tersebar di sana. Dibanding dengan labu-labu lain, maka labu perang ini banyak sekali ditemukan di Asia Tenggara, dikarenakan gampang beradaptasi dengan kawasan tropis yang berdataran rendah. Dan labu merah ini ditanam kadang menjadi tanaman liar yang berada di padang belukar atau terkadang ditanam di perkebunan dikarenakan tanaman ini merupakan jenis tanaman yang tumbuh menjalar dan menyelusuri tanah daripada dia menggantung. Hal ini, kalaupun kita menggunakan kebun untuk menanam, maka membutuhkan lahan yang luas untuk penanaman tersebut. Adapun distribusi jenis ini, maka banyak sekali tersebut di Jawa dan Maluku. Dan labu ini diperbanyak dengan menggunakan bijinya.

Baca Juga:
Kaidah Pokok Ilmu Kesehatan Klasik - Bagian ke-8 - Dialog Kesehatan Herbal (Sinse Abu Muhammad Faris Al-Qiyanji)

Adapun bagian yang digunakan sebagai pengobatan adalah buah serta bijinya. Adapun penggunaan biji ini yakni dikumpulkan pada musim panas dan musim gugur pada negeri yang memiliki 4 musim, kemudian diambil bijinya, dicuci bersih, kemudian dijemur sampai kering, dan penggunaannya yaitu digunakan sewaktu masih segar. Hal ini lebih berkhasiat.

Mari simak apa saja manfaat labu kuning dan bagaimana cara penggunaannya untuk mencapai manfaat tersebut, maka download rekaman program Dialog Herbal ini sekarang juga.

Download Dialog Kesehatan Herbal: Sinse Abu Muhammad – Manfaat dan Khasiat Labu Kuning / Labu Parang

Rekaman pembahasan khasiat labu kuning ini sangat bisa jadi dibutuhkan oleh saudara-saudara Muslimin kita, untuk itu, mari kita sebarkan ceramah ini ke akun media sosial kita.

Telegram Rodja Official