Rodja Peduli

Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan – Bagian ke-3 – Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami (Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Kamis, 25 Juni 2015 pukul 1:06 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14593

Kajian kaidah fiqih oleh: Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman dari pelajaran Kaidah Fiqih yang disampaikan oleh Ustadz Kurnaedi pada Kamis pagi, 8 Ramadhan 1436 / 25 Juni 2015 di Radio Rodja dan RodjaTV. Kajian ini membahas buku “Kaidah-Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami” karya Ustadz Ahmad Sabiq bin Abdul Lathif Abu Yusuf hafidzahullah. Pada pertemuan yang lalu, Ustadz Kurnaedi telah menjelaskan kaidah fiqih yang berbunyi “Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-2)“, dan pada pertemua kali ini, beliau akan menyampaikan tentang kaidah fiqih yang berbunyi “Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-3)“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Kajian Kaidah Praktis Memahami Fiqih Islami

Kaidah Fiqih: Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-3)

Telah dibahas sebelumnya tentang makna kaidah ini dan juga beberapa dalil yang mendukungnya. Di antara dalil yang mendukung kaidah ini adalah hadits dari sahabat Abbad bin Tamim dari pamannya berkata:

أَنَّهُ شَكَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّجُلُ الَّذِي يُخَيَّلُ إِلَيْهِ أَنَّهُ يَجِدُ الشَّيْءَ فِي الصَّلَاةِ فَقَالَ لَا يَنْفَتِلْ أَوْ لَا يَنْصَرِفْ حَتَّى يَسْمَعَ صَوْتًا أَوْ يَجِدَ رِيحًا

Baca Juga:
Kaidah Fiqih: Isim Nakirah dan Penggunaannya - Bait 98-99 (Ustadz Abu Ya'la Kurnaedi, Lc.)

“Bahwasanya ada seseorang yang mengadu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa dia merasakan seakan-akan kentut dalam shalatnya. Maka Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah dia membatalkan shalatnya sampai dia mendengar suara atau mencium bau”.” (HR Al-Bukhari dan Muslim)

Imam Al-Khathabi berkata yang artinya:

“Hadits ini menunjukan bahwa keraguan tidak bisa mengalahkan sesuatu yang yakin.” (Lihat Ma’alimus Sunan 1/129)

Silakan simak kajian selengkapnya yang berkaitan dengan kaidah “اليَقِيْنُ لَا يَزُوْلُ بِالشَّكِّ” di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Kaidah Fiqih: Keyakinan Tidak Bisa Hilang dengan Keraguan (Bagian ke-3)

Jangan lupa untuk turut membagikan tautan ceramah agama ini ke Jejaring Sosial yang Anda miliki seperti Facebook, Twitter, Google+ dan yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala yang besar.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.