Telegram Rodja Official

Tematik

Islam, Antara Loyalitas dan Disloyalitas – Al-Wala’ wal Bara’ (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 10:00 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 24 Juli 2015 pukul 2:58 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=14961

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Ceramah ini adalah rekaman dari siaran live Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 6 Syawwal 1436 / 22 Juli 2015, pukul 08:15-09:45 WIB yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin yang mengetengahkan tema tentang Islam, Antara Loyalitas dan Disloyalitas, yaitu yang sering akrab kita dengar istilahnya sebagai “Al-Wala’ wal Bara’. Sebuah materi aqidah yang insya Allah sangat bermanfaat bagi kita untuk dapat menyimaknya kembali atau bagi Anda yang ketinggalan menyimak siaran live-nya, maka silakan unduh rekamannya sekarang juga.

[sc:status-tematik-ustadz-ahmad-zainuddin-2014]

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Islam, antara Loyalitas dan Disloyalitas (Al-Wala’ wal Bara’)

Kalau kita perhatikan, makna al-wala’ di dalam agama Islam, yaitu:

حُبُّ الله تعالى ورسوله ودين الإسلام وأتباعِه المسلمين، ونُصْرةُ الله تعالى ورسولِه ودينِ الإسلام وأتباعِه المسلمين

“Mencintai Allah, mencintai Rasulullah, mencintai agama Islam, dan mencintai umat Islam, (di balik cinta tersebut terdapat sebuah sikap [konsekuensi – Ed, yaitu:] menolong Allah, menolong RasulNya, menolong agama Islam, serta menolong umat Islam.

Inilah makna al-wala’ secara terminologi syar’i.

Sedangkan makna al-bara’ adalah:

بُغْضُ الطواغيت التي تُعبَدُ من دون الله تعالى (من الأصنام الماديّة والمعنويّة: كالأهواء والآراء)، وبُغْضُ الكفر (بجميع ملله) وأتباعِه الكافرين، ومعاداة ذلك كُلِّه

Baca Juga:
Tafsir Surat Al-Ahzab Ayat ke-6 - Kewajiban Mendahulukan Rasulullah atas Semua Manusia (Syaikh Prof. Dr. 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-'Abbad Al-Badr)

“Membenci sesembahan-sesembahan yang disembah selain Allah Subhanahu wa Ta’ala, baik berupa patung-patung dan berhala-berhala (yang terlihat dengan kasat mata) ataupun hawa nafsu dan pendapat-pendapat (yang ditimbulkan dari akal-akal), membenci kekafiran dengan seluruh jenis kekufurannya, dan membenci pengikut-pengikut kekafiran (dari orang-orang kafir) dan memusuhi pengikut-pengikut orang kafir dengan segala macam jenis kekafirannya.”

Inilah yang disebut dengan al-bara’.

Jadi tema kita tadi, “Islam di Antara Sikap Loyalitas dan Disloyalitas”, loyal terhadap Islam dan disloyal terhadap selain Islam.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang al-wala’ wal bara’ yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Islam, Antara Loyalitas dan Disloyalitas (Al-Wala’ wal Bara’)

Ayo share ke akun media sosial kita, baik Facebook, Twitter, dan Google+.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.