Telegram Rodja Official

Tematik

Introspeksilah Dirimu (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abdullah Taslim, M.A.

Berikut ini adalah rekaman dari ceramah agama dan kajian yang disiarkan secara live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu pagi, 13 Syawal 1436 / 29 Juli 2015 yang disampaikan oleh Ustadz Abdullah Taslim, M.A.. Pada ceramah agama kali ini, beliau menyampaikan sebuah nasihat yang bertema “Introspeksilah Dirimu“.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Introspeksilah Dirimu

Siapapun kita, butuh untuk selalu mengintrospeksi diri atau muhasabah diri. Siapapun itu, baik ustadz atau pun para dai yang sering kali memberikan wejangan dan nasihat kepada kaum muslimin, semuanya butuh untuk selalu mengintrospeksi diri.

Introspeksi diri merupakan syarat mutlak untuk seseorang itu selamat dalam menempuh jalan Allah Ta’ala.
Imam Ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa syarat untuk meraih takwa adalah dengan selalu mengoreksi diri karena semua orang yang menempuh jalan menuju keridhaan Allah, semua sepakat mengatakan bahwa nafsu manusia adalah penghalang utama bagi mereka untuk meraih keridhaanNya. Yaitu nafsu yang harus senantiasa ditundukan dan didik, dikoreksi dan diintrospeksi.

Maka dari itu beliau mengatakan bahwa cara untuk bisa mengatasi nafsu adalah dengan diintrospeksi dan diluruskan keinginannya. Dan ini tidak hanya berlaku sekalia tau dua kali, melainkan harus dilakukan setiap saat.

Baca Juga:
Kiat-Kiat dalam Menjaga Waktu (Syaikh Akram bin Muhammad Alu Ziyadah)

Saat kita pergi ke majelis ilmu untuk menuntut ilmu pun kita harus mengintrospeksi diri, apakah niat kita sudah lurus? Setelah pulang dari majelis ilmu pun kita harus intropeksi apakah kita sudah mengamalkan apa yang telah kita dapat di majelis ilmu.

Simak nasihat Ustadz Abdullah Taslim dalam ceramah agama yang mengambil tema “Introspeksilah Dirimu” selengkapnya dengan mendownload ceramah agama Islam ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Abdullah Taslim, M.A. – Introspeksilah Dirimu

Jangan lupa untuk turut membagikan rekaman ceramah agama ini dengan mengesharenya ke Facebook, Twitter, Google+, atau media sosial yang lainnya yang kita miliki. Semoga menjadi amal shalih yang Allah terima dan balas kebaikannya, baik di dunia, terutama di akhirat. Aamiin.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.