Telegram Rodja Official

Aqiidatu As-Salaf Ashaabul Hadiits

Aqidah Ahlussunnah terhadap Sifat Turunnya Allah – Bagian ke-5 – Kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

By  | 

Pengajian Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.

Berikut ini adalah rekaman pengajian Islam yang membahas masalah aqidah ahlussunnah wal jamaah. Pengajian ini disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan dari kitab Aqidah As-Salaf Ashabul Hadits, karya seorang ulama ulama Mazhab Syafi’i yang bernama Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah. Pengajian ini disampaikan pada Jumat, 22 Syawal 1436 / 7 Agustus 2015. Pada pengajian sebelumnya, beliau telah membahas Aqidah Ahlussunnah terhadap Sifat Turunnya Allah (Bagian ke-4) dari kitab tersebut, dan pada pertemuan kali ini, Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan akan melanjutkan kepada “Aqidah Ahlussunnah terhadap Sifat Turunnya Allah (Bagian ke-5)“.

Ringkasan Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث)

Aqidah Ahlussunnah terhadap Sifat Turunnya Allah (Bagian ke-5)

Imam Abu ‘Utsman Ismail Ash-Shabuni rahimahullah menukil perkataan Imam Hammad bin Abi Hanifah rahimahullah:

أرأيتم قول الله عز وجل (وجاء ربك والملك صفا صفا)؟ قالوا: أما الملائكة فيجيئون صفا صفا، وأما الرب تعالى فإنا لا ندري ما عنى لذاك، ولا ندري كيفية مجيئه، فقلت لهم: إنا لم نكلفكم أن تعلموا كيف مجيئه، ولكنا نكلفكم أن تؤمنوا بمجيئه، أرأيت من أنكر أن الملك يجيء صفا صفا ما هو عندكم؟ قالوا: كافر مكذب. قلت: فكذلك إن أنكر أن الله سبحانه لا يجيء فهو كافر مكذب

Baca Juga:
Bantahan Bagi Yang Mengingikari Nikmat Melihat Allah - Kitab Al-Ibanah

“Bagaimana pendapat kalian (oarang-orang Jahmiyah) tentang firman Allah Ta’ala “Dan datanglah Tuhanmu, sedang malaikat berbaris-baris“? Mereka berkata: “Adapun para malaikat akan datang secara berbaris-baris, adapun Allah maka kami tidak mengetahui apa yang dimaksud firman tersebut, dan kami juga tidak tahu bagaimana kedatangan Allah.” Maka Imam Hammad bin Abi Hanifah berkata: “Kami tidak menuntut kalian untuk mengetahui bagaimana kedatangan Allah, akan tetapi kami hanya menuntut kalian untuk mengimani kedatangan Allah itu. Apakah kalian tahu bahwa barangsiapa yang mengingkari bahwa malaikat tidak datang secara berbaris-baris, bagaimana pendapat kalian tentang hal itu?” Maka mereka (orang-orang Jahmiyah) menjawab: “Dia kafir dan pendusta”. Maka Imam Hammad bin Abi Hanifah berkata: “Begitu juga perihal kondisi seseorang yang mengingkari bahwa Allah tidak datang pada hari kiamat, maka dia telah kafir dan pendusta.””

Bagaimana penjelasan dari pembahasan ini? Silakan simak penjelasan Ustadz Muhammad Nur Ihsan di dalam rekaman pengajian yang penting ini. Download pengajian tersebut dan simak pula tanya jawab seputar aqidah yang dijawab langsung oleh pemateri.

Dengarkan dan Download Pengajian Pengajian Kitab Aqidah As-Salaf wa Ashabul Hadits (عقيدة السلف أصحاب الحديث)

Raihlah pahala dan kebaikan dengan membagikan hasil rekaman ataupun link download kajian Islam yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.

Baca Juga:
Aqidah Ahlussunnah Dalam Memahami Takdir Allah - Kitab Al-Ibanah (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.