Rodja Peduli

Khutbah Jumat

Keutamaan Sifat Sabar – Khutbah Jumat (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 1:22 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 18 Agustus 2015 pukul 1:33 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=15385

Khutbah Jumat oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download khutbah Jumat yang disampaikan oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam di Masjid Al-Barkah, Komplek Rodja, Kp. Tengah, Cileungsi, Bogor pada Jumat, 29 Syawal 1436 / 14 Agustus 2015. Pada khutbah jumat ini, beliau menyampaikan tema tentang “Keutamaan Sifat Sabar“. Mari kita simak dan download khutbah Jumat ini, semoga bermanfaat.

[sc:konten-alamat-masjid-al-barkah]

Ringkasan Khutbah Jumat: Keutamaan Sifat Sabar

Ummatal Islam, Allah Subhanahu wa Ta’ala memerintahkan hamba-hambaNya untuk senantiasa bertakwa kepadaNya. Di dalam banyak firmanNya, Allah Ta’ala mengiringi ketakwaan dengan kesabaran, karena memang kita tidak bisa bertakwa tanpa sabar. Karena takwa butuh kepada kesabaran.

Allah Ta’ala juga menyebutkan tentang kegunaan takwa dan sabar, ternyata memberikan kekuatan yang dahsyat dalam kehidupan. Allah Taala berfirman:

وَإِن تَصْبِرُواْ وَتَتَّقُواْ لاَ يَضُرُّكُمْ كَيْدُهُمْ شَيْئاً

“Jika kamu bersabar dan bertakwa, niscaya tipu daya mereka sedikitpun tidak mendatangkan kemudharatan kepadamu.” (QS Ali Imran [3]: 120)

Betapa indahnya kesabaran, namun betapa beratnya kesabaran. Tidak mungkin kita bisa menaati Allah sebagai pencipta kita, dan tidak mungkin pula kita menjauhi larangan-laranganNya kecuali dengan kesabaran. Oleh karena itu, ayat-ayat yang memerintahkan kita untuk sabar sangatlah banyak. Di antaranya firman Allah Ta’ala:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ اصْبِرُواْ وَصَابِرُواْ وَرَابِطُواْ وَاتَّقُواْ اللّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Baca Juga:
3 Pilar Utama dalam Menjalani Hidup - Khutbah Jumat (Ustadz Dr. Muhammad Nur Ihsan, M.A.)

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.” (QS Ali Imran [3]: 200)

Allah akan memberikan pahala yang besar kepada orang-orang yang bersabar. Allah Ta’ala berfirman:

وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ، الَّذِينَ إِذَا أَصَابَتْهُم مُّصِيبَةٌ قَالُواْ إِنَّا لِلّهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ

“Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun“.” (QS Al-Baqarah [2]: 155-156)

Silakan simak penjelasan selengkapnya dari khutbah Jumat yang singkat namun bermanfaat ini dengan mendownloadnya sekarang juga. Semoga Bermanfaat.

Dengarkan dan Download Khutbah Jumat Masjid Al-Barkah: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download khutbah Jum’at ini, kepada saudara Muslimin kita baik itu melalui Facebook, Twitter, atau Google+ Anda. Semoga Allah membalas kebaikan Anda.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.