Telegram Rodja Official

Silsilah Al-Ahaadiits Ash-Shahiihah

Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1109-1111 – TPP: Larangan Perbuatan Isbal, Keutamaan Umar bin Khaththab, dan Keutamaan Dihyah Al-Kalbi (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  | 

Notice: Undefined variable: PodpressSettings in /home/radiorod/public_html/wp-content/plugins/powerpress/powerpress.php on line 3565

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah seri pembahasan hadits-hadits shahih yang dikumpulkan dalam sebuah kitab populer berjudul Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah karya Syaikh Muhammad Nashiruddin Al-Albani. Sebelumnya, telah diselesaikan pembahasan dari “1104-1108“, maka pada kesempatan ini, kita akan berlanjut kepada “Hadits 1109-1111“. Ceramah ini disampaikan pada Ahad malam, 30 Agustus 2015 / 16 Dzulqa’dah 1436.

TPP: Larangan Perbuatan Isbal, Keutamaan Umar bin Khaththab, dan Keutamaan Dihyah Al-Kalbi

Rekaman video: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc. – Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: Hadits 1109-1111 (Larangan Perbuatan Isbal, Keutamaan Umar bin Khaththab, dan Keutamaan Dihyah Al-Kalbi)

Program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah - Ustadz Badrusalam, Lc. di Radio Rodja dan RodjaTV

Simak program ini di Radio Rodja dan RodjaTV setiap:

Ahad malam, ba'da Maghrib - ba'da Isya' waktu Jakarta (18:00-19:30 WIB)



Status program Kajian Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah: AKTIF

Untuk memperoleh keutamaan menuntut ilmu, silakan Anda dapat turut hadir langsung pada kajian ini di: Masjid Jami' Al-Barkah, Jl.Pahlawan, Kp. Tengah, belakang Polsek Cileungsi, Cileungsi, Bogor

Baca Juga:
Hukum-Hukum Menghias Diri bagi Wanita - Bagian ke-1 - Tuntunan Praktis Fiqih Wanita (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Hadits-hadits Shahih dari Kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah

Hadits ke-1109: Larangan Perbuatan Isbal

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

لا تسبن أحدا ولا تحقرن شيئا من المعروف وأن تكلم أخاك وأنت منبسط إليه وجهك إن ذلك من المعروف، وارفع إزارك إلى نصف الساق، فإن أبيت فإلى الكعبين وإياك وإسبال الإزار فإنها من المخيلة وإن الله لا يحب المخيلة وإن امرؤ، شتمك وعيرك بما يعلم فيك فلا تعيره بما تعلم فيه، فإنما وبال ذلك عليه

“Jangan kamu mencaci maki siapa pun juga, dan jangan kamu menganggap remeh sedikitpun perbuatan yang baik, dan kamu mengajak bicara saudaramu sementara wajahmu berseri-seri kepadanya itu termasuk perbuatan ma’ruf. Angkatlah sarungmu itu sampai pertengahan betis, jika kamu tidak mau maka sampai ke mata kaki saja. Hati-hatilah kamu dari perbuatan isbal (menurunkan kain di bawah mata kaki), karena itu termasuk kesombongan. Dan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. Dan jika ada seseorang yang mencaci maki dirimu dengan aib yang dia ketahui ada pada dirimu, maka jangan kamu balas dengan mencaci makinya dengan aib yang ada pada dirinya yang kamu ketahui. Karena dosanya dia lah yang akan menanggungnya.”

Hadits ke-1110: Keutamaan Umar bin Khaththab

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

يا سارية الجبل، يا سارية الجبل

Baca Juga:
Kelembutan Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam

“Wahai Sariyah, ke gunung! Wahai Sariyah, ke gunung!”

Hadits ke-1111: Keutamaan Dihyah Al-Kalbi

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أشبه ما رأيت بجبرائيل دحية الكلبي

“Orang yang paling mirip dengan Malaikat Jibril (saat menjelma sebagai manusia) adalah seorang sahabat yang bernama Dihyah Al-Kalbi.”

Simak penjelasan dari hadits-hadits shahih dari kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah tersebut, dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Silsilah Hadits Shahih, Hadits ke-1109 dan ke-1111

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.