Telegram Rodja Official

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Pemberian Penghargaan dan Hukuman bagi Anak-Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 10:10 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 30 Maret 2016 pukul 10:12 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=15760

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 21 Dzulqa’dah 1436 / 5 September 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang “Pendidikan Usia Dini dengan Mempraktikkan Hal-Hal yang Baik“, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Pemberian Penghargaan dan Hukuman bagi Anak-Anak“. Semoga bermanfaat.

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Pemberian Penghargaan dan Hukuman bagi Anak-Anak

Dalam konsep pendidikan Islam ada yang namanya targhib wa tarhib. Targhib yaitu upaya untuk memotivasi orang untuk beramal, sedangkan tarhib adalah upaya untuk memotivasi orang untuk meninggalkan hal yang tidak baik.

Dua ushlub tersebut paling banyak digunakan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga digunakan di dalam Al-Quran, yaitu adanya pemberian pahala bagi yang melaksanakan perintah dan pemberian ancaman bagi yang meninggalkannya.

Hal itu semua termasuk hal-hal yang harusnya dijadikan sebagai pedoman oleh kita sebagai seorang pendidik dalam memotivasi anak kita dan membawa mereka untuk senang beramal amalan-amalan yang baik dan juga meninggalkan larangan-larangan Allah Ta’ala.

Dengan targhib, yaitu penyampaian keutamaan amalan dan motivasi untuk beramal akan membuat seorang anak untuk berusaha menjadi lebih baik. Sedangkan adanya ancaman dan hukuman akan membuat seorang anak berusaha meninggalkan amalan yang tidak baik dan tidak diperbolehkan.

Baca Juga:
Sebab Perceraian karena Terkadang Suami tidak Menyukai Beberapa Sikap Istrinya (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Pemberian Penghargaan dan Hukuman bagi Anak-Anak

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

8 + 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.