Masjid Al-Barkah

Tematik

Bisnis Online (Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A.)

By  |  pukul 12:10 pm

Terakhir diperbaharui: Selasa, 05 April 2016 pukul 10:58 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=16324

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A.

Merupakah ceramah yang diselenggarakan di Masjid Nurul Ajam, Gedung Manggala Wanabakti, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan pada Ahad, 20 Dzulhijjah 1436 / 4 Oktober 2015, 09.00 s.d. Dzuhur. Ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A. ini mengetengahkan tema tentang “Bisnis Online“. Tentunya tema ini menjadi sangat menarik terlebih karena arah pembahasan di dalamnya mengulas tentang hukum-hukum Islam yang terkait dengan bisnis online tersebut. Mari simak dan download ceramah agamanya.

Rekaman video: Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri, M.A. – Bisnis Online

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Bisnis Online

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

من يرد الله به خيرا يفقهه في الدين

“Siapa pun yang Allah kehendaki untuk mendapatkan kebaikan, Allah akan jadikan dia paham ilmu agama.”

Di dalam bahasa Arab, “خيرا” disebut dengan nakirah, kata yang tidak menggunakan “ال“. Dan konteks hadits ini menggunakan gaya bahasa persyaratan, “من“, yaitu “Siapa pun yang Allah kehendaki untuk mendapatkan kebaikan …”. Di dalam kaidah ilmu ushul fiqih dijelaskan, bahwa nakirah bila disebutkan dalam konteks kalimat persyaratan, maka artinya adalah umum. Sehingga arti (hadits) tersebut adalah “Siapa pun yang Allah kehendaki mendapati kebaikan …”, yaitu kebaikan yang mencakup kebaikan dunia, kebaikan akhirat, rumah tanggah, wirausaha, hingga sosialnya, semua urusan dia maka tercakup dalam hadits ini.

Baca Juga:
Tafsir Surat Adh-Dhuha (Bagian ke-2) dan Surat Al-Lail (Bagian ke-1) - Kitab Tafsir Al-Muyassar (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

Sehingga siapa pun yang Allah kehendaki dia mendapati kebaikan dalam bidang apa saja, maka kuncinya hanya ada satu, yaitu Allah akan jadikan dia paham ilmu agama. Kalau memang dalam urusan rumah tangga, maka dia akan paham ilmu agama yang berhubungan dengan rumah tangga. Kalau dalam urusan sosial, maka dia akan paham ilmu agama dalam urusan sosial. Kalau dia dalam aktivitas bisnis / ekonomi, maka Allah akan jadikan dia paham ilmu agama dalam urusan ekonomi.

Hadits ini menjadi motivasi yang sangat besar bagi kita untuk terus menuntut ilmu. Jangan pernah merasa bahwa kita sudah sukses, bisnis kita sudah bagus, keuntungan sudah besar dan stabil, karena kebaikan bukan hanya diukur dengan stabil / tidak stabilnya dan untung / tidak untungnya, tapi kebaikan itu diukur dengan berbagai dimensi, meliputi untung, ada keberkahannya, dan yang paling berat adalah pertanggungjawabannya kelak di hari kiamat, sehingga harta ini bukan hanya menjadi beban hisab kita di akhirat, tapi justru harta juga akan menambah pahala kita di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala; hal tersebut bisa terwujud dengan ilmu agama.

Ayo simak penjelasan ceramah agama tentang bisnis online serta hukum-hukum Islam yang terkait dengannya, agar segala aktivitas kita, termasuk usaha kita, menjadi berkah dan menjadi kebaikan untuk akhirat kita.

Download Ceramah Agama: Ustadz Muhammad Arifin Badri – Bisnis Online

Baca Juga:
Dalih Rapuh Kaum Sodomi (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

6 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.