Telegram Rodja Official

Tematik

Mengenal Shalat Hajat (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 8 Al-Muharram 1437 / 21 Oktober 2015. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Mengenal Shalat Hajat“. Untuk kajian beliau yang sebelumnya bisa Anda download di sini.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Mengenal Shalat Hajat

Termasuk nikmat Allah Ta’ala yang luar biasa bagi seorang hamba adalah dia diberikan taufik dan petunjuk oleh Allah untuk bisa memperbanyak ibadah dan amalan sunnah. Hal ini sebagaimana disebutkan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari, bahwasanya Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وما يزال عبدي يتقرب إلي بالنوافل حتى أحبه، فإذا أحببته كنت سمعه الذي يسمع به، وبصره الذي يبصر به، ويده التي يبطش بها، ورجله التي يمشي بها، وإن سألني لأعطينه، ولئن استعاذني لأعيذنه

“Dan masih saja hamba-hambaKu mendekatkan dirinya kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sampai aku mencintainya. Maka jika Aku mencintainya, maka Aku menjadi pendengarannya, yang dengannya dia mendengar, menjadi penglihatannya yang dengannya dia melihat, menjadi tangannya yang dengannya dia mengambil, menjadi kakinya yang dengannya dia berjalan. Jika dia meminta kepadaKu, maka sungguh Aku akan berikan apa yang dimintanya. Dan jika dia meminta perlindungan kepadaKu, maka sungguh Aku akan benar-benar melindunginya.”

Baca Juga:
Motivasi Shalat Subuh dan Isya' Berjamaah & Perintah Menjaga Shalat Lima Waktu dan Ancaman bagi yang Meninggalkannya - Bab 192-193 - Kitab Riyadhush Shalihin (Syaikh Prof. DR 'Abdur Razzaq bin 'Abdil Muhsin Al-Badr)

Dari hadits ini kita mengetahui tentang keutamaan memperbanyak amalan-amalan sunnah. Dan poin penting dalam hal ini juga yaitu bahwa merupakan hal yang patut untuk disyukuri adalah ketika kita dimudahkan untuk bisa mengamalkan amalan-amalan sunnah. Karena tidak semua orang bisa melakukannya.

Kemudian, sebagai manusia kita pastinya diuji oleh Allah Ta’ala dengan berbagai macam cobaan dan ujian. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ، وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan : “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (QS Al-Ankabut [29]: 2-3)

Tatkala seseorang mendapatkan ujian dan cobaan, maka salah satu yang bisa dilakukannya adalah dengan melakukan shalat. Allah Ta’ala berfirman:

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.” (QS Al-Baqarah [2]: 45)

Kemudian apa kaitannya dengan shalat hajat? Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Mengenal Shalat Hajat” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Baca Juga:
Syarat-Syarat Shalat Beserta Penjelasannya

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Mengenal Shalat Hajat

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

Telegram Rodja Official

1 Comment

    Tinggalkan Balasan

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.