Telegram Rodja Official

Tematik

Dua Kisah di Hari ‘Asyura (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 1 Al-Muharram 1437 / 14 Oktober 2015. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Dua Kisah di Hari ‘Asyura“. Untuk kajian beliau yang sebelumnya bisa Anda download di sini.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Dua Kisah di Hari ‘Asyura

Bulan Al-Muharram merupakan salah satu bulan suci yang disucikan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Hal ini sebagaimana firmanNya:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِندَ اللّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْراً فِي كِتَابِ اللّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَات وَالأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلاَ تَظْلِمُواْ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ وَقَاتِلُواْ الْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَآفَّةً وَاعْلَمُواْ أَنَّ اللّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ

“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS At-Taubah [13]: 36)

Baca Juga:
Menuntut Ilmu hingga Akhir Hayat (Ustadz Abuz Zubair Hawary, Lc.)

Kemudian perincian tentang empat bulan haram tersebut dijelaskan di dalam hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

ثلاث متواليات ذو القَعدة وذو الحجة والمحرم ورجب مضر الذي بين جمادى وشعبان

“Tiga bulan datang berturut: Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan bulan Rajab yang datang setelah Jumadits Tsani dan Sya’ban.” (H.R Bukhari)

Di bulan Al-Muharram terdapat hari ‘Asyura. Dan dalam sejarah Islam terdapat dua kisah di hari Asyura.

‘Asyura adalah tanggal 10 dari bulan Allah Al-Muharram. Terdapat dua kisah di hari Asyura. Di antaranya adalah:

1. Kisah Nabi Musa ‘alaihissalam yang diselamatkan oleh Allah dari kejaran Fir’aun dan bala tentaranya.
2. Kisah wafatnya cucu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu Al-Husain bin Ali radhiyallahu ‘anhuma.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Dua Kisah di Hari ‘Asyura” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Dua Kisah di Hari ‘Asyura

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

Telegram Rodja Official

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.