Telegram Rodja Official

Tematik

Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:00 am

Terakhir diperbaharui: Senin, 12 November 2018 pukul 10:45 am

Tautan: https://rodja.id/23m

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 22 Al-Muharram 1437 / 4 November 2015. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah“. Untuk kajian beliau yang sebelumnya bisa Anda download di sini.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah

Beriman terhadap tauhid rububiyah dan tauhid uluhiyah merupakan salah satu implementasi dan kosekuensi keimanan kita kepada Allah Ta’ala. Karena di antara kewajiban kita sebagai seorang manusia adalah meyakini bahwa Allah lah pencipta segala yang ada di langit dan di bumi. Dan kita juga diharuskan untuk beribadah hanya kepadaNya.

Para ulama telah menjelaskan tentang makna tauhid rububiyah. Tauhid rububiyah adalah keyakinan bahwa tidak ada pencipta kecuali Allah, dan Allah lah satu-satunya yang mencipta, mengatur, menghidupkan, mematikan, memberikan rezeki kepada makhluk-makhluk yang ada di langit dan di bumi.

Jadi, tatkala seseorang mengaku beriman kepada Allah, berarti dia harus meyakini bahwa hanya Allah sajalah satu-satunya yang menciptakan, mengatur, dan memberikan rezeki di alam ini.

Baca Juga:
Hak dan Kewajiban Pekerja dan Pemimpin dalam Islam (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

اللَّهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيكُمْ هَلْ مِن شُرَكَائِكُم مَّن يَفْعَلُ مِن ذَلِكُم مِّن شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُوْنَ

“Allahlah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS Ar-Rum [30]: 40)

Sedangkan tauhid uluhiyah adalah meyakini seyakin-yakinnya bahwa Allah yang pantas untuk mendapatkan ibadah atau lebih tepatnya adalah keyakinan bahwa Allah lah satu-satunya yang berhak untuk diibadahi.

Tauhid uluhiyah ini lah yang merupakan tugas utama dan perioritas paling utama yang dilakukan oleh para rasul. Dan karena tauhid uluhiyah inilah Allah menurunkan kitab-kitabNya.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Tauhid Rububiyah dan Tauhid Uluhiyah

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

Dapatkan informasi dari Radio Rodja 756 AM, melalui :

Baca Juga:
Jalan Selamat - Bandung 1438 / 2016 (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Telegram: Rodja Official
Facebook Page: Radio Rodja 756 AM
Twitter: @radiorodja
Instagram: @radiorodja
Website: radiorodja.com

Dapatkan informasi dari Rodja TV, melalui :

Facebook Page: Rodja TV
Twitter: rodjatv
Instagram: rodjatv
Website: rodja.tv

1 Comment

    Leave a Reply

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    7 × = 28

    This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.