Masjid Al-Barkah

Tematik

Nistanya Zina (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:30 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 11 November 2015 pukul 11:40 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=17044

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 29 Al-Muharram 1437 / 11 November 2015. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Nistanya Zina“. Untuk kajian beliau yang sebelumnya bisa Anda download di sini.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Nistanya Zina

Jalan menuju surga dan jalan menuju neraka semuanya sudah dijelaskan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui firman-firmanNya dan melalui para utusannya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَهَدَيْنَاهُ النَّجْدَيْنِ

“Dan Kami telah menunjukkan kepadanya dua jalan.” (QS Al-Balad [90]: 10)

Allah Ta’ala juga menjelaskan bahwa jalan menuju surga itu dipenuhi dengan melawan hawa nafsu, melawan hal-hal yang dicintai oleh manusia. Sedangkan jalan menuju neraka itu dipenuhi dengan syahwat, kesenangan, foya-foya, dan yang lainnya termasuk ke dalamnya adalah zina.

Zina merupakan salah satu dosa besar yang sangat hina, nista, dan kotor. Dan perbuatan zina sangat diharamkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala.

Para ulama menjelaskan bahwa zina dapat merusak hati dan melemahkan tauhid seseorang kepada Allah. Oleh karena itu, orang yang paling banyak melakukan zina itu adalah orang yang paling banyak perbuatan syiriknya. Setiap kali kesyirikan di dalam diri seorang hamba lebih besar, maka keburukan dan kenajisan di dalam dirinya pun lebih besar. Dan setiap kali seorang hamba besar ikhlasnya maka dia akan semakin jauh dari perbuatan zina.

Baca Juga:
Ensiklopedi Larangan dalam Islam: Belajar Agama dengan Tujuan Mendapatkan Bagian dari Dunia dan Menyimpan Ilmu, Bagian ke-5 - TPP: Adab Menuntut Ilmu (Ustadz Mahfudz Umri, Lc.)

Maka dalam kisah Nabi Yusuf ‘alaihissalam disebutkan bahwa Nabi Yusuf merupakan orang yang ikhlas sehingga beliau dijauhkan dari perbuatan zina. Allah Ta’ala berfirman:

وَلَقَدْ هَمَّتْ بِهِ وَهَمَّ بِهَا لَوْلا أَن رَّأَى بُرْهَانَ رَبِّهِ كَذَلِكَ لِنَصْرِفَ عَنْهُ السُّوءَ وَالْفَحْشَاء إِنَّهُ مِنْ عِبَادِنَا الْمُخْلَصِينَ

“Sesungguhnya wanita itu telah bermaksud (melakukan perbuatan itu) dengan Yusuf, dan Yusuf pun bermaksud (melakukan pula) dengan wanita itu andaikata dia tidak melihat tanda (dari) Tuhannya . Demikianlah, agar Kami memalingkan dari padanya kemungkaran dan kekejian. Sesungguhnya Yusuf itu termasuk hamba-hamba Kami yang ikhlas.” (QS Yusuf [12]: 24)

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Nistanya Zina” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Nistanya Zina

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

5 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.