Telegram Rodja Official

Penyakit itu Bernama Futur (Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.)

By  |  pukul 11:30 am

Terakhir diperbaharui: Rabu, 06 Shafar 1437 / 18 November 2015 pukul 12:37 pm

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=17198

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Ahmad Zainuddin, Lc.

Berikut ini adalah rekaman ceramah agama dan kajian Islam yang disiaran live di Radio Rodja dan Rodja TV pada Rabu, 6 Shafar 1437 / 18 November 2015. Disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan pembahasan “Penyakit itu Bernama Futur“. Untuk kajian beliau yang sebelumnya bisa Anda download di sini.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Penyakit itu Bernama Futur

Pembahasan kali ini berkaitan dengan salah satu penyakit hati, yang mana salh satu sumber pembahasannya diambil dari hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam yang berbunyi:

Baca Juga:  Adab Berhari Raya Idul Fitri (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

إِنَّ العَبْدَ إِذَا أَخْطَأَ خَطِيئَةً نُكِتَتْ فِي قَلْبِهِ نُكْتَةٌ سَوْدَاءُ، فَإِذَا هُوَ نَزَعَ وَاسْتَغْفَرَ وَتَابَ سُقِلَ قَلْبُهُ، وَإِنْ عَادَ زِيدَ فِيهَا حَتَّى تَعْلُوَ قَلْبَهُ، وَهُوَ الرَّانُ الَّذِي ذَكَرَ اللَّهُ: كَلَّا بَلْ رَانَ عَلَى قُلُوبِهِمْ مَا كَانُوا يَكْسِبُونَ

“Sesungguhnya apabila seorang hamba melakukan satu kesalahan (dosa), maka akan ditorehkan di dalam hatinya satu titik hitam. Jika dia meminta ampunan kepada Allah, maka hatinya akan bening kembali. Namun, jika dia kembali melakukan dosa maka titik hitam tadi dikembalikan lagi ke dalam hatinya sampai menutup hatinya. Dan itulah penutup yang Allah sebutkan (di dalam Al-Quran surat Al-Muththaffifin: “Sekali-kali tidak, akan tetapi itu menutup hati-hati mereka atas apa yang mereka perbuat.””

Baca Juga:  Adab dan Akhlak Penuntut Ilmu - Yogyakarta 1437 / 2016 (Ustadz Yazid Abdul Qadir Jawas)

Sering kita dapati hati kita kosong, hampa, tidak ada motivasi untuk beribadah. Sering pula kita dapati hati kita malas melakukan amalan-amalan ibadah. Bahkan yang wajib pula terkadang kita malas. Sering kali hati kita lbih condong kepada maksiat. Lebih nyaman untuk bermaksiat daripada untuk meninggalkan maksiat tersebut.

Maka ketahuilah, bahwa penyakit itu bernama futur!

Futur secara bahasa artinya malas. Sedangkan secara istilah futur adalah malas, leha-leha, berlambat-lambat setelah semangat, gigih, dan berusaha.

Simak lebih lanjut penjelasan tentang “Penyakit Futur” yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Zainuddin dengan mendownload ceramah agama ini sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Ahmad Zainuddin – Penyakit itu Bernama Futur

Baca Juga:  Akrab dengan Ruqyah (Ustadz Abdullah Zaen, M.A.)

Jangan lupa untuk turut membagikan link download kajian ini ke akun media sosial yang Anda miliki, baik Facebook, Twitter, Google+, atau yang lainnya.

Telegram Rodja Official

3 Comments

  1. harmaini

    Kamis, 07 Shafar 1437 / 19 November 2015 at 11:44

    syukron jazakallahukhoir

    • Radio Rodja

      Jumat, 08 Shafar 1437 / 20 November 2015 at 15:46

      Afwan, waiyyakum

  2. heru w

    Rabu, 06 Shafar 1437 / 18 November 2015 at 21:12

    Subhanallah.futur(malas)penyakit hati yg perlu kita hilangkan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.