Masjid Al-Barkah

Fiqhul Usrah / Fiqih Keluarga

Karakter Anak Usia Pra Remaja (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)

By  |  pukul 9:17 am

Terakhir diperbaharui: Kamis, 31 Agustus 2023 pukul 6:02 am

Tautan: https://rodja.id/3vl

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Berikut ini merupakan rekaman audio dari ceramah agama yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi pada Sabtu, 25 Al-Muharram 1437 / 7 November 2015 di Radio Rodja. Pada ceramah sebelumnya, beliau menyampaikan pembahasan tentang “Nasihat Ulama seputar Pembinaan Anak Usia Dini (Bagian ke-6)“, dan pada ceramah agama kali ini beliau akan membawakan pembahasan berkaitan dengan “Karakter Anak Usia Pra Remaja“. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Karakter Anak Usia Pra Remaja

Anak-anak pra remaja, yaitu usia 7 tahun ke atas memiliki ciri khas yaitu mulai terbukanya daya nalar pada mereka. Dan tumbuh menjadi semakin sempurna bersama waktu yang ada. Hal ini disampaikan oleh para ulama, mereka menyebutkan bahwa anak-anak usia tersebut memiliki karakter yang mana daya nalarnya sedang berkembang dan terus berkembang sesuai dengan bertambahnya umur mereka.

Pada usia ini, anak-anak sudah mempunyai daya nalar dan pemahaman terhadap suatu masalah. Mereka mulai bisa mengetahui hukum sebab akibat, maka dari itu mereka terkadang akan bertanya sesuatu yang masih mereka anggap belum jelas.

Setiap orang tua atau guru hendaknya memahami kondisi mereka ini, dan harus bersabar tatkala mendapat pertanyaan dari mereka walaupun terkadang tidak bisa menjawabnya karena beberapa alasan.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Karakter Anak Usia Pra Remaja

Baca Juga:
Mengajarkan Ihsan Kepada Anak

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.