Telegram Rodja Official

Tematik

Lelah Dikejar Dunia (Ustadz Maududi Abdullah, Lc.)

By  | 

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Maududi Abdullah, Lc.

Lelah Dikejar Dunia“, sebuah judul ceramah yang disampaikan oleh Ustadz Maududi Abdullah, Lc. di Masjid Syifa Budi Lippo Cikarang, Komplek IIBS, belakang Pasar Central Hyundai, Lippo Cikarang, Bekasi pada Sabtu sore, 25 Al-Muharram 1437 H / 7 November 2015, ba’da Ashar hingga pukul 17:30 WIB. Adalah sebuah ceramah yang mengupas hakikat dunia dan bagaimana seorang Muslim menyikapinya sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Rekaman audio: Ustadz Maududi Abdullah, Lc. – Lelah Dikejar Dunia

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Lelah Dikejar Dunia

Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman:

فَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَلَا أَوْلَادُهُمْ ۚ إِنَّمَا يُرِ‌يدُ اللَّـهُ لِيُعَذِّبَهُم بِهَا فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَتَزْهَقَ أَنفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُ‌ونَ ﴿التوبة : ٥٥﴾

“Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.” (QS At-Taubah [9]: 55)

Hal yang senada dengan ini adalah di dalam Surat At-Taubah, ayat ke-85.

وَلَا تُعْجِبْكَ أَمْوَالُهُمْ وَأَوْلَادُهُمْ ۚ إِنَّمَا يُرِ‌يدُ اللَّـهُ أَن يُعَذِّبَهُم بِهَا فِي الدُّنْيَا وَتَزْهَقَ أَنفُسُهُمْ وَهُمْ كَافِرُ‌ونَ ﴿التوبة : ٨٥﴾

Baca Juga:
Mengenal Nama Allah Al-Fattah dan Al-Alim - Kitab Mausu'ah Fiqh Al-Qulub (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

“Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki akan mengazab mereka di dunia dengan harta dan anak-anak itu dan agar melayang nyawa mereka, dalam keadaan kafir.” (QS At-Taubah [9]: 85)

Maka kita dilarang takjub kepada harta orang-orang kafir. Namun banyak dari kita yang salah, kita takjub dengan banyaknya harta yang ada pada mereka.

Allah turunkan harta kepada manusia agar kemudian harta itu dijadikan sarana beribadah. Fungsi harta sama dengan fungsi mata, tangan, dan kaki, yaitu jadikan dia sarana ibadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Di dalam Surat Al-Qashash, ayat ke-77:

وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّـهُ الدَّارَ‌ الْآخِرَ‌ةَ ۖ وَلَا تَنسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا … ﴿القصص : ٧٧﴾

“Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bagianmu dari (kenikmatan) duniawi …” (QS Al-Qashash [28]: 77)

Berarti apa yang telah Allah berikan kepada kita, gunakan itu sebagai sarana mengejar kampung akhirat. Kalau kita posisikan harta pada ayat ini, (maka) dia sama dengan mata, sama dengan telinga, dan sama dengan tangan. Tidak ada bedanya sarana yang Allah berikan. Jadikan sarana ini sebagai sarana untuk meraih kampung akhirat. Dan kampung akhirat dikejar bukan semata-mata dengan harta, masih bnyak yang lain. Itu (harta) hanya secuil kecil dari sebagian sarana dunia yang Allah berikan kepada kita, yang lain lebih banyak yang lebih besar daripada itu.

Baca Juga:
Siapa Bilang Muslimah Tidak Boleh Berdandan? (Ustadz Abdullah Taslim, M.A.)

Mari kita latih hati kita untuk mengkerdilkan dunia. Yang ada di tubuh kita ini lebih hebat daripada kekayaan dunia dan seisinya. Ini yang sering kita alpa di dalamnya. Kita merasa uang 500 juta itu besar, namun kita tidak pernah melihat lidah kita besar. Kita selalu melihat rumah semilyar itu mahal, namun kita tidak pernah melihat mata itu mahal.

Alangkah besarnya karunia Allah dan sesungguhnya tiada bandingannya daripada harta dunia. Mari kita simak dan download ceramah agama “Lelah Dikejar Dunia” sekarang juga.

Download Ceramah Agama: Ustadz Maududi Abdullah, Lc. – Lelah Dikejar Dunia

Sebarkan yuk ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga semakin banyak kaum Muslimin mendengarkan dan memetik manfaatnya, maka semakin besar pahala yang kita peroleh, Aamiin.

Telegram Rodja Official

5 Comments

  1. fai

    Selasa, 12 Safar 1437 / 24 November 2015 at 15:56

    link donlodnya manaa?

    • Radio Rodja

      Rabu, 13 Safar 1437 / 25 November 2015 at 09:15

      Mohon maaf sebelumnya ada sedikit kesalahan, Alhamdulillah sekarang sudah bisa Anda download kembali. Silakan klik link downloadnya sekarang juga.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.