Telegram Rodja Official

Bab Maksiat Termasuk Perkara Jahiliyah hingga Bab tentang Kezaliman – Hadits 30-32 – Kitab Shahih Bukhari (Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.)

By  |  pukul 8:10 am

Terakhir diperbaharui: Jumat, 27 Sya'ban 1437 / 03 Juni 2016 pukul 10:33 am

Tautan: https://www.radiorodja.com/?p=18584

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

Download ceramah agama dari Kitab Shahih Bukhari yang dibahas dan dikaji oleh Ustadz Abu Yahya Badrusalam. Ceramah agama dan kajian ini membahas hadits-hadits shahih yang terdapat di dalam Kitab Shahih Al-Bukhari. Kitab yang yang sangat populer dan merupakan salah satu kitab paling shahih setelah Al-Quran.

Pada kajian kali ini Ustadz Badrusalam akan membawakan pembahasan tentang “Bab Maksiat Termasuk Perkara Jahiliyah hingga Bab tentang Kezaliman (Hadits 30-32)“, yang mana sebelumnya telah dijelaskan tentang “Bab Kufur kepada Suami dan Kufur di Bawah Kekufuran (Hadits 29)“. Kajian ini beliau sampaikan pada Rabu pagi, 17 Rabiul Akhir 1437 / 27 Januari 2016 di Radio Rodja dan RodjaTV.

Ringkasan Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Bab Maksiat Termasuk Perkara Jahiliyah hingga Bab tentang Kezaliman – Kitabul Iman (Hadits 30-32)

Penjelasan tentang “Bab Maksiat Termasuk Perkara Jahiliyah” ini merujuk kepada hadits ke-30 dari kitabul iman.
Hadits ke-30 tersebut adalah:

حَدَّثَنَا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ وَاصِلٍ الْأَحْدَبِ عَنْ الْمَعْرُورِ بْنِ سُوَيْدٍ قَالَ لَقِيتُ أَبَا ذَرٍّ بِالرَّبَذَةِ وَعَلَيْهِ حُلَّةٌ وَعَلَى غُلَامِهِ حُلَّةٌ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ إِنِّي سَابَبْتُ رَجُلًا فَعَيَّرْتُهُ بِأُمِّهِ فَقَالَ لِي النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا أَبَا ذَرٍّ أَعَيَّرْتَهُ بِأُمِّهِ إِنَّكَ امْرُؤٌ فِيكَ جَاهِلِيَّةٌ إِخْوَانُكُمْ خَوَلُكُمْ جَعَلَهُمْ اللَّهُ تَحْتَ أَيْدِيكُمْ فَمَنْ كَانَ أَخُوهُ تَحْتَ يَدِهِ فَلْيُطْعِمْهُ مِمَّا يَأْكُلُ وَلْيُلْبِسْهُ مِمَّا يَلْبَسُ وَلَا تُكَلِّفُوهُمْ مَا يَغْلِبُهُمْ فَإِنْ كَلَّفْتُمُوهُمْ فَأَعِينُوهُمْ

Baca Juga:  Memperingatkan Manusia dari 7 Dosa Besar Yang Membinasakan

“Telah menceritakan kepada kami Sulaiman bin Harb berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dari Washil Al-Ahdab dari Al-Ma’rur bin Suwaid berkata: Aku bertemu Abu Dzar di Rabdzah yang saat itu mengenakan pakaian dua lapis, begitu juga anaknya, maka aku tanyakan kepadanya tentang itu, maka dia menjawab: Aku telah menghina seseorang dengan cara menghina ibunya, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menegurku:

“Wahai Abu Dzar apakah kamu menghina ibunya? Sesungguhnya kamu masih memiliki (sifat) jahiliyyah. Saudara-saudara kalian adalah tanggungan kalian, Allah telah menjadikan mereka di bawah tangan kalian. Maka siapa yang saudaranya berada di bawah tangannya (tanggungannya) maka jika dia makan berilah makanan seperti yang dia makan, bila dia berpakaian berilah seperti yang dia pakai, janganlah kalian membebani mereka sesuatu yang di luar batas kemampuan mereka. Jika kalian membebani mereka, maka bantulah mereka”.”

Kemudian, penjelasan tentang “Bab Jika Dua Kelompok Orang Beriman Berperang maka Damaikanlah” ini merujuk kepada hadits ke-31 dari kitabul iman.
Hadits ke-31 tersebut adalah:

Baca Juga:  Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 25-27 (Ustadz Badrusalam, Lc.)

حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بْنُ الْمُبَارَكِ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ حَدَّثَنَا أَيُّوبُ وَيُونُسُ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ الْأَحْنَفِ بْنِ قَيْسٍ قَالَ ذَهَبْتُ لِأَنْصُرَ هَذَا الرَّجُلَ فَلَقِيَنِي أَبُو بَكْرَةَ فَقَالَ أَيْنَ تُرِيدُ قُلْتُ أَنْصُرُ هَذَا الرَّجُلَ قَالَ ارْجِعْ فَإِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِذَا الْتَقَى الْمُسْلِمَانِ بِسَيْفَيْهِمَا فَالْقَاتِلُ وَالْمَقْتُولُ فِي النَّارِ فَقُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ هَذَا الْقَاتِلُ فَمَا بَالُ الْمَقْتُولِ قَالَ إِنَّهُ كَانَ حَرِيصًا عَلَى قَتْلِ صَاحِبِهِ

“Telah menceritakan kepada kami Abdurrahman bin Al-Mubarak Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid Telah menceritakan kepada kami Ayyub dan Yunus dari Al-Hasan dari Al-Ahnaf bin Qais berkata; aku datang untuk menolong seseorang kemudian bertemu Abu Bakrah, maka dia bertanya: “Kamu mau kemana?” Aku jawab: “hendak menolong seseorang” dia berkata: “Kembalilah, karena aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Jika dua orang muslim saling bertemu (untuk berkelahi) dengan menghunus pedang masing-masing, maka yang terbunuh dan membunuh masuk neraka”. aku pun bertanya: “Wahai Rasulullah, ini bagi yang membunuh, tapi bagaimana dengan yang terbunuh?” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Dia juga sebelumnya sangat ingin untuk membunuh temannya”.”

Sedangkan, penjelasan tentang “Bab Kezaliman di Atas Kezaliman” ini merujuk kepada hadits ke-32 dari kitabul iman.
Hadits ke-32 tersebut adalah:

Baca Juga:  Didalam As-Sunnah Tidak Ada Qiyas - Prinsip-Prinsip 'Aqidah Menurut Imam Ahmad

حَدَّثَنَا أَبُو الْوَلِيدِ قَالَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ح قَالَ و حَدَّثَنِي بِشْرُ بْنُ خَالِدٍ أَبُو مُحَمَّدٍ الْعَسْكَرِيُّ قَالَ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ عَنْ شُعْبَةَ عَنْ سُلَيْمَانَ عَنْ إِبْرَاهِيمَ عَنْ عَلْقَمَةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ لَمَّا نَزَلَتْ { الَّذِينَ آمَنُوا وَلَمْ يَلْبِسُوا إِيمَانَهُمْ بِظُلْمٍ } قَالَ أَصْحَابُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّنَا لَمْ يَظْلِمْ فَأَنْزَلَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ { إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ }

“Telah menceritakan kepada kami Abu Al Walid berkata, telah menceritakan kepada kami Syu’bah dan juga telah meriwayatkan hadits yang serupa ini, Telah menceritakan kepadaku Bisyir bin Khalid Abu Muhammad Al-‘Asykari berkata, telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Ja’far dari Syu’bah dari Sulaiman dari Ibrahim dari Alqamah dari Abdullah berkata: ketika turun ayat:

“Orang-orang beriman dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan kezaliman” para sahabat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: “Siapakah diantara kami yang tidak berbuat zalim? Maka Allah ‘Azza wa Jalla menurunkan (firmanNya): “Sesungguhnya kesyirikan adalah kezaliman yang besar“.” (QS. Luqman [31]: 13)

Simak penjelasan tentang bab-bab di atas dengan mendownload rekaman ceramah agama ini sekarang juga atau Anda bisa mendengarkannya langsung melalui player yang tersedia.

Download Ceramah Agama Islam: Kitab Shahih Bukhari

Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Insya Allah bermanfaat bagi saudara Muslimin dan bagi amal ibadah kita.

Telegram Rodja Official

1 Comment

  1. Asep

    Selasa, 27 Jumadil akhir 1437 / 05 April 2016 at 19:58

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,saya memerlukan bantuan kepada para bapa ustad, dikampung saya terjadi kemaksiatan yaitu pemakaman dikampung saya dijadikan tempat pemujaan

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.